Ketua DPRD Sumenep sementara H. Hamid Ali Munir (Nikam Hokiyanto)

SUMENEP, limadetik.com — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, membentuk Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib) DPRD setempat, Rabu (11/9/2019).

Hasilnya, 15 Anggota Pansus mendeklarasikan Ketua fraksi gabungan (Nasdem, Hanura dan PKS), Akis Jazuli sebagai Ketua Tatib.

Penentuan ketua itu setelah dilakukan rembuk dan lobi sesama anggota pansus yang kemudian diputuskan oleh Ketua DPRD Sementara Hamid Ali Munir dalam sidang Paripurna. Sebelumnya diusulkan M. Muhri dari FPKB dan M. Syukri dari PPP sebagai Ketua dan Wakil Ketua Pansus Tatib.

Namun, usulan tersebut tidak membuahkan hasil. Sehingga, diskor dan dilakukan lobi di luar ruang Paripurna. Hasil rembuk itu menyepakati Akis Jazuli sebagai Ketua dan Achmad Jazuli dari Demokrat sebagai Wakil Ketua.

“Pembentukan ketua dan wakil ketua Pansus Tatib telah selesai setelah disahkan dalam rapat paripurna,” kata Ketua DPRD Sumenep, KH. Hamid Ali Munir.

Politisi senior PKB mengungkapkan, penentuan ketua Pansus Tatib dilakukan secara profesional. Diyakini tidak ada intervensi siapapun.

Dia menuturkan, dalam membentuk Pansus berjumlah 15 Orang. Ketua dipilih langsung oleh anggota. “Semuanya anggota. Kalau hanya usulan PKB dan PPP di Paripurna itu formal. Makanya, diskor untuk dilakukan lobi,” tukasnya. (hoki/yat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here