Suasana siswa-siswi MI Al-barokah, memperingati Sumpah Pemuda 2019 di Bukit Batu Ngandung

SUMENEP, limadetik.com – Sejumlah siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-barokah, Desa Rombiya Timur, Kecamatan Ganding, Sumenep, Jawa Timur, punya cara lain dalam memperingati Sumpah Pemuda 2019.

Mereka mengibarkan bendera bukan di halaman sekolah. Melainkan mengibarkan bendera di atas Bukit “Batu Ngandung”. Untuk sampai ke tempat tersebut, para siswa harus rela berjalan kaki sejauh 2 Km. Dalam perjalanan menuju bukit, mereka sambil membaca Shalawat.

Sesampainya di lokasi, mereka langsung membentangkan bendera seperti pergelaran. Mereka juga membaca ikrar Sumpah Pemuda. Sebab, Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia.

“Ini sebagai upaya kami untuk mengenalkan kondisi lingkungan. Harapan kami agar siswa bisa cinta lingkungan. Bagi kami ini hari sumpah pemuda sebagai momen yang sangat tepat,” kata salah satu guru pendamping, Ismail, Senin (28/10/2019).

Selain mengenalkan lingkungan, sambung Ismail, juga ingin mendorong pemuda untuk melakukan penghijauan. Mengingat kondisi cuaca dunia semakin memanas.

“Kita mengajarkan kepada siswa untuk mengenal bahasa Indonesia sebagai pemersatu dan wujud dalam mempertahankan NKRI,” imbuhnya. (hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here