SAMPANG, limadetik.com — Banyaknya prestasi yang diraih oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 1) Torjun, tidak dapat dilepas dari dukungan para wali murid dan Komite Sekolah yang ikut andil mendukung program yang di canangkan oleh sekolah.

Menurut Sugeng Harinanto, Kepala SMAN 1 Torjun, menerangkan bahwa sekolah memiliki program terhadap peningkatan akademik dan non akademik siswa.

“Peningkatan akademik seperti meningkatnya nilai UNBK, lulusan SMAN 1 Torjun dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan dapat tampil sebagai juara di berbagai lomba olimpiade” Kata Sugeng Harinanto kepada Limadetik.com di ruang aula SMAN 1 Torjun, Kamis (26/09/19)

Saat disinggung terkait informasi dari salah satu keberatan wali murid tentang adanya sumbangan partisipasi dari wali murid oleh Komite Sekolah, Sugianto Harinanto menganggap bahwa hal itu yang dapat menjelaskan adalah dari ketua Komite Sekolah, menurutnya Sekolah tidak pernah meminta sumbangan kepada wali murid.

“Sekolah tidak pernah menarik sumbangan apapun kepada wali murid, karena secara regulasi dilarang, silahkan ini bicara sendiri dengan ketua komitenya” ujar Sugianto Harinanto.

Saat Ipal Faruq Ketua Komite Sekolah SMAN 1 Torjun menerangkan bahwa segala sumbangan yang menyepakati seluruhnya dari wali murid, Komite Sekolah hanya menjembatani keinginan dari wali murid yang ingin membantu program sekolah.

“Saat pertemuan malah wali murid sendiri yang ingin adanya pelepasan lulusan kelas XII dan malah ingin ikut menyumbang di setiap kegiatan sekolah yang diikuti oleh siswa karena tidak di cover di BOS, jadi saya hanya menjembatani inisiatif dari wali murid ketika itu,” kata Ipal Faruq menjelaskan, melalui telpon seluler Kepala Sekolah SMAN 1 Torjun.

Saat dicek oleh Kepala Sekolah di salinan daftar hadir wali murid dan Komite Sekolah Tanggal 27 Juli 2019, wali murid yang bersangkutan ternyata memang tidak menghadiri pertemuan yang dilaksanakan oleh Komite.

Sugianto Harinanto menerangkan bahwa seluruh prestasi yang di dapat sekolah berkat dukungan wali murid dan Komite Sekolah, karena yang ingin membantu sekolah selama ini murni inisiatif dari wali murid. Dirinya juga menunjukkan prestasi yang sudah di dapat dari siswanya dalam tahun ini.

“Ini mas prestasi anak didik kami,  Juara 1 gerak jalan PA. Kecamatan Torjun, Juara 2 gerak jalan PA Kecamatan Torjun, Juara 1 gerak jalan PI Kecamatam Torjun, Juara 2 gerak jalan PI Kecamatan Torjun, Juara 1 Tolak Peluru Putri 4Kg, Juara 1 Lari 800M Putra, Juara 2 Lompat Jauh Putri, Juara 3 Lari 800M putra, Juara 3 Lari 100M Putra, Juara 3 Volly Putra, Juara 3 Volly Putri.

Juara 1 Sepak Takraw Beregu,  Juara 1 Sepak Takraw Doble Even, Juara 1 Pencak Silat Kelas D/Putri, Juara 3 Pencak Silat Kelas A/Putri, Juara 3 Pencak Silat Kelas C/Putri, Juara 3 Pencak Silat Kelas A/Putra, Juara 3 Pencak Silat B/Putri, Juara 1 Tari Remo Tingkat Kodim, Juara 1 Tari Remi Tingkat Korem” papar Sugianto Harinanto.

Menurutnya, yang ditunjukkan masih belum seluruhnya, karena sekolah masih menunggu hasil lomba yang masih diperlombakan siswanya seperti lomba Kreasi Baris Berbaris, pertandingan futsal yang dilaksanakan Kampus Unijoyo di Bangkalan, lomba fisika di Kampus UNAIR Surabaya, lomba Kimia di Kampus UIN Malang, dan lomba lari 5 Km. (zmn/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here