SUMENEP, Limadetik.com — Bertempat di Gedung Arwana Pelabuhan Pasongsongan khitanan massal digelar. Ada lebih seratus anak lelaki berusia rata-rata 8 tahun berkumpul yang diantar orang tuanya.

Bakti sosial yang digagas Forum Komunikasi Pemuda Sumenep dan Kangean Peduli Sosial yang rencananya akan digelar jam 8.00 WIB, ternyata molor sampai satu jam. Hal ini disebabkan air hujan yang turun semalam dan pemadaman lampu PLN.

Sunatan massal ini diselenggarakan pada tanggal 22 Desember 2019 kemarin. Limadetik.com sempat berbincang dengan beberapa orang tua yang anaknya akan dikhitan.

“Dengan molornya acara ini tentu membawa dampak psikologi tidak baik terhadap anak. Sangat disayangkan memang. Tapi ini bukan faktor kesengajaan dari panitia. Selama penantian cukup lama ini, jelas anak-anak itu depresi karena benaknya galau. Tidak jauh dengan kita ketika akan memasuki kamar operasi,” ujar Baharudin yang mengantarkan cucunya.

Lebih jauh Baharudin menceritakan, cucunya sempat menangis dalam penantian itu. Berbagai jurus bujukan pun dilakukan. Tujuannya agar bisa tenang.

“Ternyata cucu saya itu senang pada snack. Ketika dibelikan snack dan diajak keluar, ternyata galaunya berkurang. Apalagi setelah memakannya,” pintas Baharudin.

Hal senada juga dilontarkan beberapa orang tua yang anaknya saat itu ikut sunatan massal. Kendati demikian, mereka tetap mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak penyelenggara.

Acara sunatan massal ini dihadiri Kepala Desa Pasongsongan terpilih Ahmad Saleh Harianto. Dalam sambutannya, ia banyak mengucapkan banyak terima kasih kepada Forum Komunikasi Pemuda Sumenep dan Kangean Peduli Sosial.

“Saya berharap ada lagi kepedulian dari beberapa organisasi independen bisa menyelenggarakan acara bakti sosial seperti ini. Karena tentu masih ada anak-anak kita di Kecamatan Pasongsongan yang tidak terakomodir dalam khitanan massal ini. Tak lupa juga saya mengucapkan terima kasih pada mereka yang turut membantu suksesnya acara bakti sosial ini,” ujar Kades Harianto.

Ke depan dirinya akan memberikan ruang selebar-lebarnya kepada mereka yang mau mengadakan acara serupa. (Yant Kaiy/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here