SUMENEP, limadetik.com – Berbagai upaya dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Coronavirus Disease (Covid 19). Salah satunya warga di Desa Dasuk Barat, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Jawa Timur membaca ‘burdah’ sambil keliling kampung. Mereka memohon kepada Allah agar terhindar dari Covid-19.

Pembacaan Burdah ini rutin dilakukan tiap malam dipimpin oleh seorang imam warga desa setempat dibaca dengan sambil berjalan kaki mengelilingi kampung sambil membawa obor.

“Pembacaan Burdah ini dipimpin oleh toko sepuh setempat K. Wiro. Dimulai dari pukul 12 malam dan diikuti sekitar 30 orang” kata kepala desa Dasuk Barat Samhadi, Selasa (24/03/20).

Pembacaan Burdah ini lanjut Samhadi, adalah merupakan tradisi turun temurun dan dibacakan ketika terjadi musibah berupa serangan penyakit yang kejadiannya dirasa aneh.

“Virus Covid-19 ini dulu itu penyakit ta’on. Semoga kita semuanya dalam lindungannya dan semuanya diberi keselamatan dari marabahaya” harapnya.

Sementara itu K. Wiro menjelaskan bahwa pembacaan burdah ini sudah masuk malam kedua. Dan akan dilaksanakan tujuh malam berurut-turut. Maksud dari bacaan burdah ini adalah meminta agar masyarakat dihindarkan dari segala macam penyakit yang berbahaya.

“Kami memohon pertolongan kepada Allah. Selain bacaan burdah diakhir atau ditutup dengan membaca dzikir lalu mengumandangkan adzan” tukasnya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here