MALANG, limadetik.com  Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Jatim siap merilis aplikasi Jatim Cettar, (cepat, efektif, efisien, tanggap, transparan, dan responsif). Sosialisasi tentang aplikasi Cettar ini berlangsung di Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (4/11/2019).

Progam yang menjadi salah satu progam 99 hari pertama kerja gubernur ini dibuat untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aduan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Prov Jatim, Nirmala Dewi, saat rapat pembahasan Aplikasi Jatim Cettar, mengatakan, meski sebelumnya sudah ada aplikasi L4POR, namun dirasa masih perlu aplikasi tersendiri yang langsung terintegrasi.

“Teman-teman dari OPD salah satu tugasnya harus tepat dan cepat dalam menanggapi aduan masyarakat, nggak usah menunggu waktu yang lama,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk tugas dari tim yakni menyusun petunjuk teknis dalam penyelenggaraan pengaduan pelayanan publik di Provinsi Jawa timur. Selain itu juga melakukan koordinasi dalam rangka penanganan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Cettar.

Aplikasi ini juga menjawab pengaduan masyarakat sesuai jenis aduan dan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah. Selanjutnya dilakukan evaluasi pengelolaan pengaduan secara berkala, meliputi jumlah dan jenis pengaduan yang diterima serta penyelesaian terhadap pengaduan, dan melaporkan pelaksanaan tugas kepada Gubernur Jawa Timur.

Dikatakan Dewi, Dinas Kominfo Prov Jatim sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga memiliki Command Center yang selalu memberikan respon cepat.

“Team quick respons sudah membuat aplikasi Jatim CETTAR  berbasis Android dan Website sehingga memudahkan OPD lain dan masyarakat mengakses aplikasi ini” jelasnya.

Selain itu, Nirmala Dewi juga menjelaskan bahwa aplikasi ini sudah dilengkapi petunjuk-petunjuk teknis penggunaan aplikasi, serta kolom aduan masyarakat yang bisa langsung direspon oleh masing-masing OPD.

“Monitoring akan dilakukan berkala yang meliputi aduan yang diterima dan penyelesaian terhadap pengaduan masyarakat. Kami selaku team audit CETTAR akan melaporkan pelaksanaan tugas kepada Gubernur dan Wagub Jatim selaku pembina aplikasi ini” pungkasnya.

Penulis : Moh.Rofiq Risandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here