Saat tim LPBI NU bersama Siswa SMKN di pantai memberikan pengertian terkait ancaman bencana

YOGYAKARTA, limadetik.com — Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (EDT) Tsunami yang diselenggarakan BNPB bersama beberapa kementerian dan lembaga non-kementerian segmen 2 di Yogyakarta – Jawa Tengah memasuki hari keempat.

Kegiatan tim EDT 2019 hari keempat diawali dengan upacara serahterima pataka EDT dari Kabupaten Gunung Kidul ke Pemda Kabupaten Bantul.

Tim LPBI NU saat menanam mangrove

Kegiatan EDT di Bantul, LPBI NU dan Tim EDT melakukan sosialisasi bagi pedagang, pekerja dan pengunjung di pantai Gowa Cemara Kabupaten Bantul, dari pantauan tim LPBI NU mayoritas pengunjung belum mengetahui jalur dan rambu evakuasi serta tempat kumpul, sementara di utara pantai gowa cemara telah terbangun tempat evakuasi sementara (TES) ketinggan 4 lantai.

Budi Raharjo Tim EDt LPBI NU Provinsi Jogjakarta juga menyampaikan tentang prinsip 20-20-20 kepada pengunjung dan masyarakat di sekitar pantai, yaitu prinsip “Kalau warga merasakan gempa selama 20 detik, setelah selesai (guncangan) warga harus segera evakuasi, karena di pantai akan datang tsunami dalam 20 menit, lari ke bangunan yang ketinggiannya minimal 20 meter” kata Budi Raharjo menjelaskan, Sabtu (27/7/2019).

Saat Tim LPBI NU dan EDT memberikan penyuluhan kesiapsiagaan bencana di SD MUhammadiyah Babakan Bantul Yogyakarta

Pantai Gowa Cemara termasuk pantai yang rame dikunjungi wisatawan, terlebih saat akhir pekan, tim LPBI NU juga sempat menyampaikan sosialisasi kepada siswa SMKN 2 Depok Jogjakarta yang sedang melaksanakan kegiatan kunjungan di pantai gowa, di depan 50 siswa tim LPBI NU menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Bangun Parikesit Pembina siswa SMKN 2 Depok menyampaikan ucapan terima kasih kepada LPBI NU dan tim EDT, karena sebelum ke pantai para siswa sempat was-was. “Karena sempat ada informasi di media sosial tentang akan adanya tsunami di pantai selatan laut jawa, dengan sosialisasi ini kami menjadi paham dan waspada dan tidak lagi was-was” katanya.

Saat tim LPBI NU bersama Siswa SMKN 2 Depok di pantai memberikan pengertian terkait ancaman bencana

Selain di pantai gowa cemara, tim EDT LPBI NU juga menyampaikan sosialisasi di SD Muhammadiyah Babakan Bantul dan dilanjut penanaman mangrove di Taman Mangrove Baros Bantul, penanaman mangrove juga bagian dari mitigasi bencana tsunami. (whb/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here