BANGKALAN, Limadetik.com — PT Unilever Indonesia melalui Spektra bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan melakukan kegiatan sekolah sehat yang dilaksanakan di gedung PKPN, Rabu (11/09/2019).

Program sekolah sehat ini ditujukan kepada para guru di seluruh Kecamatan Kabupaten Bangkalan, diantara poin penting yang disampaikan adalah pendidikan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

Hal itu disampaikan oleh Roni Sya’roni direktur Spektra Surabaya mengatakan bahwa kegiatan capacity building sangat penting dimana perubahan perilaku anak didik atau keluarga sekolah tidak akan bisa dilakukan kalau tidak ada perubahan mindset.

Perubahan mindset itu harus ada pendampingan, pelatihan dan kegiatan gerakan yang dilakukan di sekolah. “Kegiatan ini akan dilakukan selama empat bulan di Kabupaten Bangkalan, yang diawali dengan koordinasi dan kemitraan dengan Dinas Pendidikan,” katanya.

Roni menambahkan bahwa kegiatan tersebut akan mengembalikan kepada Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dimana ada tiga pilar penting yang harus dilakukan. Tiga tersebut ada pendidikan kesehatan, kesehatan lingkungan dan pelayanan kesehatan di masing-masing sekolah.

“Tentunya harus mengaktifkan kembali yang namanya dokter kecil, dokter kecil ini akan menjadi instrumen di masing-masing sekolah, dan pelatihan ini diharapkan para guru dapat membentuk dokter kecil minimal 10 siswa,” kata Roni Sya’roni ketika memberikan penjelasan.

Sementara itu, Moh Ya’kup selaku Kabid pembinaan SD Dinas Pendidikan turut mengapresiasi kerjasama antara Spektra dan dinas pendidikan dalam mewujudkan sekolah UKS dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat di sekolah

“Diharapkan dengan kegiatan ini seluruh guru pembina UKS dapat menerapkan dan mengaplikasikan di sekolah masing-masing dalam rangka pelaksanaan Tria UKS,” pungkasnya. (ron/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here