Ilustrasi (FOTO: ANTARA/Budi Afandi/ed/mes/09)

SUMENEP, Limadetik.com – Para petani tembakau di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada 2019 tidak akan mendapatkan bantuan pupuk. Pasalnya, pemerintah daerah tidak mengalokasikan bantuan pupuk untuk para petani Tembakau.

Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep, Abdul Hamid mengatakan, sejak tahun lalu Pemerintah Daerah tidak menganggarkan untuk bantuan pupuk.

“Tahun ini (bantuan) pupuk tidak ada,” katanya, Senin (1/7/2019).

Pria yang karib disapa Hamid menjelaskan, bantuan pupuk pada petani tembakau diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “(Bantuan Pupuk) itu melalaui Provinsi, (jenis pupuk yang diberikan) NPK dan ZA,” ucapnya.

Pemerintah Daerah hanya memberikan bantuan bibit. Tahun ini bantuan bibit dialokasikan di 10 titik. Sementara tahun 2018 bantuan benih dan pembibitan terbesar di 17 titik penangkar untuk lahan tegal dan gunung.

Ploting area tahun sebanyak 21.893 hektar dengan target produksi sebanyak 14 ribu ton dengan perkiraan 600 kuintal per hektar dan kebutuhan bibit sekitar 547.325.000 batang.

Sementara lokasi penanaman tembakau hanya tersebar di 17 kecamatan wilayah daratan. Sedangkan jumlah kecamatan di Sumenep sebanyak 27 kecamatan. 9 di antaranya berada di wilayah kepulauan. (hoki/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here