BONDOWOSO, limadetik.com — Kericuhan di Lembaga Pemasyarakatan kembali terulang, kali ini terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIb Bondowoso, Minggu (6/10/2019) sore.

Kericuhan diduga terjadi karena pemukulan yang dilakukan oleh oknum petugas lapas berinisial AG kepada narapidana atas nama NH, S, dan NS, dan yang disebabkan terlambat apel.

Dari keterangan yang berhasil dihimpun Limadetik.com dari petugas Lapas, kejadian bermula saat AG meminta ketiga narapidana mengikuti apel. Namun, diduga mereka enggan keluar lantaran ditengarai tengah berjudi bersama seorang oknum petugas berinisial R.

Ditanya tentang kejadian tersebut, Plt. Kalapas Bondowoso, Mali Jumali, mengaku tak memahami tentang adanya pemukulan tersebut.

“Ini hanya terjadi kesalahpahaman antara petugas dan warga binaan karena terlambat apel, dari penglihatan warga binaan yang lainnya dikira dipukul, jadi cuma salah paham aja” tutur Jumali saat ditanya awak media, Senin (9/10/2019).

Jumali juga mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan tindakan terhadap oknum petugas tersebut.

“Kita telah melakukan tindakan awal yaitu memindahkan petugas yang bersangkutan ke bagian lainnya. Kemudian kita buat BAPnya” ujar pria pindahan Lapas Pasuruan ini.

Sedangkan menurut Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah yang ikut hadir di Lapas Bondowoso, mengatakan, terkait pemukulan yang dilakukan oleh petugas akan diselesaikan oleh pihak Lapas sendiri.

“Tentang kasus tersebut akan diselesaikan secara internal tentunya kami sifatnya menerima laporan. Kalau ada laporan kepada kami pasti kami tindak lanjuti. Tapi sejauh ini kalau dari pihak Lapas masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan ya silahkan” jelas Febry.

Akibat ricuh Minggu sore kemarin, beberapa pintu antar sel dirusak dan sampai berita ini diturunkan nampak sejumlah aparat kepolisian dari Polres Bondowoso dibantu TNI dari Kodim 0822 Bondowoso masih berjaga-jaga di sekitar Lapas Bondowoso untuk mengantisipasi kericuhan terjadi lagi. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here