SUMENEP, limadetik.com Polres Sumenep, Jawa Timur, terus mengungkap sejumlah pelaku yang diduga secara bersama-sama melakukan pengrusakan alat dan kelengkapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Juruan Laok, Kecamatan Batu Putih pada Kamis (7/11/2019) lalu.

“Kami kembali menetapkan satu tersangka yang diduga melakukan pengrusakan secara bersama-sama pada saat pelaksanaan Pilkades di Desa Juruan Laok,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Selasa (12/11/2019).

Tersangka atas nama Samsul Arifin (28) warga Dusun Kabbuen Timur, Desa Jurusan Laok. Dia ditetapkan sebagai tersangka setelah polisi mengantongi beberapa Barang Bukti (BB) yakni, rekaman video, potongan kursi plastik, potongan kursi kayu, meja kayu, sobekan kertas suara, bilik suara dan kotak suara.

BACA JUGA: Pilkades Juruan Laok Ricuh, Dua Orang Diamankan Polisi

Terungkapnya tersangka baru berawal pada saat anggota reskrim Polres Sumenep mendapatkan informasi, bahwa Samsul merupakan salah satu pelaku pengrusakan perlengkapan dan kelengkapan Pilkades Desa Juruan Laok.

“Mendapatkan informasi tersebut, selanjutnya anggota melakukan lidik kebenaran informasi. Setelah dilakukan lidik diketahui pelaku berada di rumah tetangganya sedang menghadiri undangan,” bebernya.

Kemudian anggota reskrim melakukan penangkapan terhadap pelaku. Pelaku langsung dibawa ke Polres Sumenep. Setelah dilakukan interogasi, pelaku mengakui telah melakukan perusakan.

Sebelumnya, polisi juga telah menetapkan dua orang tersangka yang diduga bersama-sama melakukan pengrusakan. Mereka adalah Suroto dan Tolak. Keduanya warga desa setempat.

Peristiwa ini berawal dari sekelompok orang yang datang ke lokasi pemungutan suara dengan teriak-teriak dan merusak sejumlah alat kelengkapan Pilkades, seperti kursi, tenda, dan surat suara.

Hanya saja, petugas keamanan tidak bisa berbuat banyak. Sebab, sekelompok orang itu seperti kerasukan. Mereka merusak semua barang yang ada di lokasi. Akhirnya pelaksanaan Pilkades ditunda karena banyak barang perlengkapan Pilkades diketahui rusak.

Saat itu anggota Polsek Batu Putih langsung melaporkan kejadian pengrusakan di lokasi pemilihan kepala desa. Mendapat laporan itu, anggota mendatangi lokasi pemilihan. (Hoki/Yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here