Mesin pembuat es batu? Sebagian orang mungkin belum pernah mendengarnya karena biasanya kita membuat es batu dengan freezer lemari es. Namun freezer memiliki kapasitas yang sangat terbatas. Mesin pembuat es batu, yang juga dikenal sebagai ice cube maker, memiliki segudang kelebihan tersendiri. Selain banyak digunakan di rumah makan dan kafe, alat ini bisa membuat es kristal yang lebih jernih, higienis, dan bervariasi bentuknya.

Mesin atau alat pembuat es batu akan menghasilkan es batu dengan cara yang paling praktis dan siap dikonsumsi tanpa perlu memecah es batu lagi menjadi berkeping-keping. Seperti membuat es di freezer, Anda hanya butuh air matang dan bersih, lalu masukkan ke saluran khusus di alat ini, dan biarkan mesin bekerja. Dalam waktu singkat, es yang jernih, segar, dan higienis pun bisa Anda nikmati. Mudah, cepat, dan simpel.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih alat pembuat es batu terbaik, yaitu:

  1. Kecepatan pembekuan

 

bacaterus.com

Sumber : bacaterus.com

Setiap alat pembuat es batu memiliki kecepatan pembekuan yang berbeda-beda. Anda perlu memilihnya sesuai kebutuhan. Ada alat yang bisa membuat es batu hanya dalam waktu 10 menit, ada yang lebih lama. Jika Anda sering mengadakan hajatan atau acara keluarga, pilihlah yang cepat pembekuannya. Kecepatan pembekuan juga tergantung pada suhu ruangan.

  1. Kapasitas
Sumber : liputan6.com

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah kapasitas pembekuan, jika Anda ingin membuat es batu dalam jumlah banyak dan tidak terlalu mendesak, Anda bisa memilih yang berkapasitas besar. Dalam beberapa kasus, es yang membeku terlalu cepat akan mudah mencair, berwarna putih, dan lekas meleleh ketika dicampurkan dalam minuman.

  1. Jenis yang tepat
Sumber : trenmesin.com

Alat pembeku es batu ada yang portable dan ada yang tidak portable. Bedanya adalah mesin portable bisa dipindah-pindah. Jika Anda adalah orang yang mobile dan selalu butuh es batu untuk dibawa ke mana-mana, seperti ke acara camping, pilihlah model yang ringan dan tak terlalu besar. Sebaliknya, jika Anda butuh alat ini untuk menjalankan usaha di rumah, pilihlah yang besar dan tidak portable, yang langsung disambungkan pada pipa air bersih di tempat.

Rekomendasi

Royalledy Ice Cube Maker AC-700

Sumber : my-best.id

Mesin pembuat es batu yang dijual di pasaran memiliki kelebihan masing-masing. Royalledy Ice Cube Maker AC-700 misalnya adalah mesin berkapasitas besar yang bisa menghasilkan es batu dalam jumlah banyak per hari nya, yaitu mencapai 320 kg per hari. Dan tentu saja karena kemampuan produksi yang besar itu, tipe ini membutuhkan banyak daya listrik, mencapai 1400 watt.

GEA CD-55 Diamond Ice Maker

Sumber : my-best.id

GEA CD-55 Diamond Ice Maker adalah alat es batu lain yang bisa membuat es batu dalam bentuk diamond alias berlian, sesuai dengan namanya. Meski alat ini harganya sangat mahal (hampir 40 juta rupiah), es batu yang dihasilkan sangat unik dan bisa menambah daya tarik tersendiri untuk Anda yang membuka kafe atau restoran.

Tomori AC-65 Ice Cube Maker

Sumber : my-best.id

Alat pembuat es batu standar dijual dalam harga kisaran 9-11 juta rupiah. Tomori AC-65 Ice Cube Maker adalah salah satunya. Mesin buatan Jerman ini dikenal awet dan higienis karena memiliki sistem penyaring udara. Sedangkan merk IM-50 Ice Cube Bullet Maker mampu menghasilkan es batu berbentuk peluru yang unik. Kelebihan lain dari tipe ini adalah hemat listrik dan ekonomis.

Fomac Ice Cube Maker ICM-CBS85A

Sumber : my-best.id

Bila Anda mencari yang lebih kecil dan compact, maka Anda perlu mempertimbangkan Fomac Ice Cube Maker ICM-CBS85A. Dipasarkan dengan harga 15 jutaan, alat ini cocok untuk pemakaian rumahan. Dimensinya tidak terlalu besar dan relatif hemat listrik. Desainnya juga minimalis dan elegan. Nah, Anda pilih yang mana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here