https://limadetik.com/

Pagari Kampung dari Wabah Virus Corona, Pemuda Pragaan Bawa Obor Baca Shalawat Burdah

  • Bagikan
Pagari Kampung dari Wabah Virus Corona, Pemuda Pragaan Bawa Obor Baca Shalawat Burdah
FOTO: Pemuda pragaan sumenep saat keliling membawa obor sambil baca burdah

SUMENEP, Limadetik.com – Puluhan Pemuda Mushalla Nurul Huda yang tergabung dalam komonitas Alank-alank Crew menggelar kegiatan burdah (Al-Burda) keliling kampung di Dusun Rembang, Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim, pada Jum’at malam (8/7/2021).

Baihaki salah satu tokoh pemuda mengatakan acara burdah dengan keliling kampung membawa obor bertujuan dalam rangka untuk memagari kampung dari wabah Virus Corona.

https://limadetik.com/

“Ini bagian dari ikhtiar untuk menangkal Virus Corona yang dilakakukan oleh para Pemuda Pikerta Daja mas,” kata Baihaki kepada Limadetik.com.

Hal senada disampaikan Zaifi Hamidi bahwa di zaman nabi, wabah virus penyakit pernah muncul. Dalam sejumlah hadis diriwayatkan virus dibawa oleh setan, dan membaca burdah adalah salah satu cara menghalau setan pembawa virus agar tak mampir ke desa mereka.

“Burdah merupakan suatu Qasidah yang berisi syair tentang pujian atau sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, dan Burdah keliling adalah tradisi leluhur, dilakukan untuk memagari desa dari musibah,” paparnya.

Zaifi berharap wabah Virus Corona cepat berakhir, supaya semua dapat beraktifitas seperti biasa dan semua kondisi kembali stabil.

“Jadi, di masa pandemi Virus Corona ini pemuda berinisiatif menggelar burdah keliling, agar terhindar dari wabah penyakit dan segala musibah,” harapnya.

“Semoga Allah SWT, segera mengangkat wabah ini dari muka bumi, sehingga semuanya kembali normal,” harapnya.

(Bahri/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan