Pantai Lombang Sumenep Dikepung Objek Wisata Baru, Jumlah Pengunjung Masih Tinggi

Wisata Pantai Lombang Sumenep (foto:hoki)

SUMENEP, Limadetik.com – Wisata Pantai Lombang di Desa Lombang, Kecamatan Batang – Batang, Sumenep, Jawa Timur belakangan dikepung sejumlah objek wisata baru.

Pasalnya, pemerintah setempat getol membangun dan mempromosikan berbagai objek wisata baru baik yang ada di daratan maupun kepulauan menjelang Visit Year 2018. Objek wisata itu diantaranya, Gili Iyang, Pantai Sembilan dan juga Gili Labak.

Namun, meskipun dikepung berbagai tempat wisata, jumlah pengunjung wisata Lombang masih tinggi. Buktinya, jumlah wisata yang setiap tahun rutin menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sejak Januari hingga Juli 2017 pengunjungnya relatif tinggi.

Sesuai data di UPT Wisata Pantai Lombang, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Lombang pada Januari 2017 sebanyak 36 orang, pengunjung nusantara sebanyak 3.114 orang.

Pada Pebruari, sebanyak 24 orang wisman, nusantara sebanyak 2.376 orang, bulan Maret pengunjung 32 orang wisman, nusantara 3.368 orang, bulan April untuk sebanyak 60 orang wisman, nusantara 3.415 orang.

Sedangkan Mei, pengunjung sebanyak 24 orang wisman, nusantara 4.301 orang, bulan Juni 5 wisman, nusantara 645 orang, bulan Juli 31 wisman, nusantara sebanyak 4.794 orang.

“Sejak awal Januari hingga sekarang, pang paling sedikit pengunjung terjadi pada bulan Juni karena bersamaan dengan bulan puasa,” kata kepala UPT Wisata Pantai Lombang, Anwar, Selasa (5/9/2017).

Untuk meningkatkan PAD, sambung Anwar, pihaknya sering melakukan terobosan dihari-hari libur untuk menambah hiburan diobjek wisata tersebut guna menarik para pengunjung yang datang. Karena ada tambahan hiburan, pengelola wisata menaikkan harga tiket dari Rp 2 ribu dihari biasa ke Rp10 ribu per pengunjung.

“Ini kami lakukan untuk memenuhi target pendapatan asli daerah (PAD). Hasilnya, pengunjung banyak,” katanya.

PAD wisata Lombang 2017 ditaeget mencapai Rp 60 juta lebih. “Setiap tahun sampai target. Tahun ini semoga kembali sesuai target,”harapnya. (hoki/rud)

Leave a Reply