Scroll Untuk Membaca Artikel
Opini

Pelayanan Public Melalui Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SiPraja)

×

Pelayanan Public Melalui Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SiPraja)

Sebarkan artikel ini
Pelayanan Public Melalui Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SiPraja)

Pelayanan Public Melalui Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SiPraja)

Penulis: Nadia Safira
Prodi : Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

______________________

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

OPINI – Pada zaman yang berkemajuan ini kebutuhan masyarakat akan semakin meningkat serta menuntut untuk mendapatkan pelayanan secara efektif dan efisien.

Masyarakat mendorong pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk menyediakan sebuah pelayanan berbasis android dan website. Rendahnya kualitas pelayanan public dikarenakan beberapa oknum memanfaatkan keadaan yang ada.

Akibatnya, pelayanan public yang tidak adil menjadikan mutu pelayanan yang diberikan terkesan buruk. Maka dari itu, pemerintah Kabupaten Sidoarjo menghadirkan pelayanan public basisnya android dan website yakni aplikasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SiPraja).

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah meresmikan aplikasi SiPraja pada bulan Februari 2020 yang terdiri dari 18 kecamatan dan desa. Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SiPraja) dibentuk supaya masyarakat dapat menerima pelayanan yang mudah, sederhana dan terkoordinasi.

Di dalam Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SiPraja) memuat 16 jenis layanan public yang dapat diurus menggunakan teknologi informasi.

Untuk tipe A yang di desa yakni surat kematian, pelayanan pengurusan surat kelahiran, surat keterangan tidak mampu dll. Untuk layanan tipe B yakni persetujuan dan pelayanan desa dan kecamatan berupa layanan kepengurusan surat pengantar SKCK dan e-KTP, surat keterangan pindah dll. Pada pelayanan tipe C, yakni layanan kepengurusan IUMK, IMB, Bank Jatim, BPDB, BPJS Ketenegakerjaan dll.

Keunggulan menggunakan sistem ini yakni masyarakat dapat mencetak mandiri surat yang sudah bertanda tangan elektronik oleh camat atau kepala desa/lurah. Melalui lacak dokumen dalam SiPraja, masyarakat bisa memonitor dimana posisi surat yang diajukan lewat ponsel mereka.

Apabila surat tersebut ditanda tangani oleh camat atau kepala desa/lurah secara elektronik maka akan mendapatkan pemberitahuan yang dikirim berbentuk pesan elektronik SiPraja dan via email SiPraja, lalu mencetaknya sendiri di rumah.

Diharapkan aplikasi SiPraja dapat memperbaiki sistem pelayanan public di Kabupaten Sidoarjo.
_______________________

Opini ini dipublish untuk menenuhi tugas perkeluliahan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

× How can I help you?