SITUBONDO, Limadetik.com – Pencanangan Kampung KB di Dusun Enoman Desa Banyu Putih Kecamatan Banyuputih Situbondo, Selasa (12/12/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Situbondo, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Situbondo, Tim PKL Jatim, Forpimka Kecamatan Banyuputih, beserta Pemerintahan Desa.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Situbondo, Ir. H. Yoyok Mulyadi, mengatakan, “Tingkat kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta KB dianggap masih minim. Melalui program dua anak cukup, bisa menjadi pedoman masyarakat untuk membangun keluarga sejahtera dan berkualitas”.

Yoyok menambahkan, “Program Kampung KB hanya dibentuk di wilayah pinggiran pedesaaan. Sebab tingkat kesadaran masyarakat pinggiran masih minim pengetahuan terhadap program dua anak cukup”.

“Untuk membentuk keluarga sejahtera dan berkualitas, program Kampung KB ini akan di canangkan oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo di 17 kecamatan,” pungkas Yoyok.

Yang menjadi tujuan Kampung KB adalah tingkat kesadaran masyarakatnya menjadi peserta KB masih rendah, warga menikah pada usia dini, dan banyak balita serta masyarakatnya rata-rata kurang mampu.

Terpisah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Situbondo, Drs. Imam Gazali, mengatakan, “Latar belakang membentuk Kampung KB ini adalah program yang berkelanjutan dalam satuan wilayah yang memiliki kriteria tertentu”.

“Program nasional ini untuk revitalisasi program KB yang lebih diarahkan untuk mendukung implementasi Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran,” katanya

Sementara itu, Kepala Desa Banyuputih, H. Juharto, SH menyampaikan “Kami sangat berterima kasih Desa Banyuputih salah satunya yang menjadi pencanangan Kampung KB, peserta KB laki-laki maupun perempuan nantinya akan bertambah dan tidak ada lagi warga di Dusun Enoman yang tidak mengikuti KB,” katanya. Saat dikonfirmasi di kantornya, Jum’at, (15/12/2017).

Lanjutnya, “Untuk data yang ada sekarang tahun 2017 ada 542 jiwa dan 210 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Enoman, Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur”. (aka/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here