https://limadetik.com/

Pemkab Pamekasan Pastikan Pelatihan WUB Digelar Pasca PPKM Darurat

  • Bagikan
Pemkab Pamekasan Pastikan Pelatihan WUB Digelar Pasca PPKM Darurat
FOTO: Plt DPMPTSP Naker Pamekasan, Supriyanto

PAMEKASAN, LimaDetik.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timu melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) setempat memastikan akan segera menggelar pelatihan wirausaha baru (WUB) tahun 2021 dengan target 1.600 peserta pasca PPKM Darurat.

Hal itu disampaikan langsung Pelaksana Tugas (Plt) DPMPTSP Naker Pamekasan, Supriyanto, ia mengungkapkan sejatinya pihaknya telah siap menggelar pelatih WUB tersebut. Namun, rencana besar itu harus ditunda lantaran adanya penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat oleh pemerintah pusat untuk memutus penyebaran covid-19.

https://limadetik.com/

“Kita inventarisir dulu, mengingat situasinya sekarang seperti ini, jadi tidak bisa dilaksanakan. Untuk tahapannya sudah, dan sebenarnya sudah siap digelar,” ujarnya, Jum’at (9/7/2021).

Menurut mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pamekasan tersebut, sebagian peserta yang telah mendaftar sebagai peserta WUB tahun 2021 jatuh sakit. Tentu, peserta yang tidak sembuh hingga pelaksanaan pelatihan akan diganti oleh peserta lain demi kesehatan bersama.

“Hanya persoalannya sekarang ada yang sakit, kalau memang tetap berhalangan ya kita cari penggantinya. Ada juga yang berhalangan ketika kita konfirmasi ulang” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pihaknya juga mempersiapkam beberapa kebutuhan untuk pelaksanaan pelatihan tersebut di tengah penerapan PPKM darurat agar nantinya pelatihan bisa berjalan maksimal sesuai harapan. Meskipun secara umum pelatihan sudah siap digelar.

“Cuma karena ada PPKM dan fasilitator ada yang sakit, kita evaluasi lagi, padahal sejatinya kemarin kita sudah mau melaksanakan pembukaan (pelatihan WUB, red)” terang mantan Camat Proppo tersebut.

Pelatihan WUB merupakan salah satu program prioritas Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di bidang ekonomi untuk menciptakan 10 ribu pengusaha baru selama kepemimpinannya. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat bumi Gerbang Salam.

Dikatakan, pada hasil pelatihan WUB tahun 2020, sebagian besar telah berjalan sesuai harapan. Seperti halnya produksi sarung, songkok, sandal, sepatu, kripik dan beberapa produk lain.

“Karena Pemkab Pamekasan tidak hanya memberikan pelatihan, melainkan memberikan bantuan alat, pinjaman modal dengan bunga non persen, hingga memberikan fasilitas pemasaran, baik online ataupun offline” ungkapnya.

Ditambahkan Supriyanto, pihaknya merasa bersyukur karena program WUB pada tahun sebelumnya sudah lebih banyak yang menjadi wira usaha baru dan sudah mulai merasakan hasilnya.

“Alhamdulillah, tidak sedikit dari mereka yang sudah dilatih, separuh lebih mereka bisa menjadi wirausaha baru,” pungkasnya.

(Arf/Yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan