PAMEKASAN, Limadetik.com — Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui bagian kesejahteraan rakyat (Kesra) Setda akan segera mencairkan bantuan dana hibah total senilai 5 miliar 440 juta rupiah untuk masjid, yayasan dan pondok pesantren.

Kepala bagian Kesra Setda Kabupaten Pamekasan, Syaifullah Farid Wadji menuturkan, seluruh ketua dan bendahara dari takmir masjid dan lembaga yang dihadirkan untuk menandatangani naskah perjanjian dana hibah antara pemerintah Kabupaten dengan pihak penerima.

“Disamping ada penyerahan secara simbolis, pengurus baik ketua dan bendahara dihadirkan untuk menandatangani naskah perjanjian hibah dari pihak pertama pemerintah Kabupaten Pamekasan, yakni bagian Kesra, pihak kedua adalah ketua dan bendahara yayasan maupun masjid,” katanya, Rabu (24/4/19) usai kegiatan seremoni.

Farid menyebutkan, ada 282 penerima untuk masjid dan 131 lembaga yayasan dan pondok pesantren yang tersebar di 13 Kecamatan se Pamekasan.

Mantan camat Pademawu ini menerangkan, khusus untuk bantuan dana masjid sebesar 10 juta rupiah. Sedangkan pondok pesantren dan yayasan sebanyak 20 juta rupiah.

“Untuk pencairan, jika administrasi sudah lengkap, seperti pakta integritas sekarang sudah ditandatangani, lalu akuntabilitas atau pertanggungjawaban (SPJ), insyaallah seminggu dari sekarang, Rabu depan Insyaallah sudah dicairkan ke rekening penerima hibah,” lanjut dia.

Proses pencairan itu nantinya akan turun dua kali tahapan. Tahap pertama sebanyak 60 persen, selanjutnya tahap kedua 40 persen.

Pihaknya berharap, dana hibah tersebut nantinya dapat dipergunakan sebaik – baiknya sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB) yang ada di proposal.

“Bentuk pengawas nanti tim dari internal Kesra akan turun ke lapangan apakah sesuai dengan RAB atau tidak,” tukasnya. (arif/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here