Pendaftar Verifikasi Parpol Pilkada di Pamekasan Masih 6 Partai

Ketua KPUD Pamekasan Moh.Hamzah

PAMEKASAN, Limadetik.com – Menjelang pilkada serentak 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pamekasan telah membuka pendaftaran verifikasi partai politik untuk menentukan peserta partol pemilihan.

Ketua KPUD Pamekasan, Moh. Hamzah menjelaskan, sejak pendaftaran dibuka hingga saat ini, sudah ada 6 parpol yang mendaftar, namun yang melengkapi berkas masih 3 parpol.

“Hingga sekarang parpol yang sudah lengkap berkasnya ada 3, sisanya belum lengkap, dari 6 partai yang sudah mendaftar dan menyerahkan berkas” katanya menjelaskan.

Disebutkan, 6 parpol itu diantanya, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), partai Berkarya merupakan parpol yang dinyatakan lengkap. Sedang Partai Garuda, Partai Republik dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih dalam tahap pengkajian oleh komisioner KPU.

Hamzah mengatakan, waktu pendaftaran dan penyerahan berkas verifikasi berakhir tanggal 16 Oktober 2017 besok.

“Biasanya, untuk partai lama, menunggu akhir pendaftaran untuk verifikasi, sebab, kalau parpol lama hanya menyerahkn berkas salinan saja, tidak ada verifikasi faktual, kalau partai baru harus diverifikasi faktual,” imbuhnya.

Dijelaskan, prasyarat untuk partai baru, minimal memiliki 811 kenggotaan partai untuk di Pamekasan. Hal itu nantinya akan dilakukan verifikasi faktual dengan metode sampel.

“Untuk partai baru, harus 811 keanggotaan, nanti diambil sampel 10 persen dengan sistem acak,” tandasnya.

(Arif/Yd) 

Leave a Reply