Scroll Untuk Membaca Artikel
Artikel

Pentingnya HKI Terhadap Bisnis yang Dijalankan

×

Pentingnya HKI Terhadap Bisnis yang Dijalankan

Sebarkan artikel ini
Pentingnya HKI Terhadap Bisnis yang Dijalankan
Tita Fidrya Marlisa

Pentingnya HKI Terhadap Bisnis yang Dijalankan

Oleh : Tita Fidrya Marlisa
NIM : 202210170311004
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis
Program studi: Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

______________________________

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

ARTIKEL – Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI). Istilah HaKI atau Hak atas Kekayaan Intelektual merupakan terjemahan dari Intellectual Property Right (IPR), sebagaimana diatur dalam undang-undang No. 7 Tahun 1994 tentang pengesahan WTO (Agreement Establishing The World Trade Organization).

Pengertian Intellectual Property Right sendiri adalah pemahaman mengenai hak atas kekayaan yang timbul dari kemampuan intelektual manusia, yang mempunyai hubungan dengan hak seseorang secara pribadi yaitu hak asasi manusia (human right). HaKI atau Hak atas Kekayaan Intelektual adalah hak eksklusif yang diberikan suatu hukum atau peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya.

Pada intinya HaKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Objek yang diatur dalam HaKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia. Setiap hak yang digolongkan ke dalam HaKI harus mendapat kekuatan hukum atas karya atau ciptannya. Untuk itu diperlukan tujuan penerapan HaKI.

Tujuan dari penerapan HaKI yang Pertama, antisipasi kemungkinan melanggar HaKI milik pihak lain, Kedua meningkatkan daya kompetisi dan pangsa pasar dalam komersialisasi kekayaan intelektual, Ketiga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan strategi penelitian, usaha dan industri di Indonesia.

Berdasarkan pengertian ini maka perlu adanya penghargaan atas hasil karya yang telah dihasilkan yaitu perlindungan hukum bagi kekayaan intelektual tersebut. Tujuannya untuk mendorong dan menumbuhkembangkan semangat terus berkarya dan mencipta.

Namun yang pasti Hak atas Kekayaan Intelektual penting untuk di ketahui dan di terapkan, selain untuk melindungi, Hak kekayaan Intelektual juga memiliki beberapa tujuan yang tidak kalah penting yaitu:

> Sebagai perlindungan hukum kepada pencipta, juga terhadap hasil cipta karya serta nilai ekonomis yang terkandung di dalamnya. Juga sebagai sebuah perlindungan akan aset berharga yang dipunyai perorangan ataupun kelompok dalam bentuk hasil karya.

> Mengantisipasi adanya pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual orang lain.

> Meningkatkan kompetisi dan juga memperluas pangsa pasar, khususnya dalam hal komersialisasi kekayaan intelektual. Hal ini mungkin timbul, karena dengan adanya HaKI, akan memberikan motivasi kepada para pencipta, industri dan masyarakat luas untuk dapat berkarya dan berinovasi, serta mendapatkan apresiasi dari ciptaannya tersebut.

> Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi penelitian, industri dan juga usaha di Kawasan Indonesia.

Dari sini terlihat jelas kalau tujuan HAKI adalah untuk melindungi karya setiap orang.

Di era yang sekarang ini HKI sangatlah penting, apabila karya kita atau milik orang lain tidak dilindungi? Sudah bisa dipastikan akan terkena pembajakan. Sebegai contoh untuk di dunia pendidikan saat ini marak adanya pembajakan buku.

Pembajakan buku ini makin marak terjadi di masyarakat, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya pembajakan buku, salah satunya adalah kurangnya penegakan hukum, ketidaktahuan masyarakat terhadap perlindungan hak cipta buku, dan kondisi ekonomi masyarakat. Sudah banyak pelaku terjaring oleh aparat, dan masih banyak pula yang masih berkeliaran dan tumbuh, seiring tingginya permintaan oleh masyarakat.

Untuk itu butuh kesadaran dari masyarakat untuk mengetahui HaKI agar karyanya tidak diambil oleh orang lain. Berikut ini terdapat macam-macam HaKI.

Pentingnya Hak kekayaan intelektual bagi perusahaan Anda meliputi:

1. Sebagai Perlindungan Hukum Terhadap Pencipta Dan Karya Ciptanya

Yang pertama dalam manfaat HAKI adalah perlindungan hukum terhadap pencipta. Jika perusahaan kamu mendaftarkan karya kekayaan intelektual (HKI), karya tersebut akan dilindungi secara hukum. Dengan begitu, sebagai pemilik karya, kamu pasti akan menggunakan nilai ekonomis dari karya cipta tersebut dengan lebih tenang dan aman tanpa khawatir melanggar hukum.

2. Sebagai Bentuk Antisipasi Pelanggaran HAKI – Manfaat HAKI

Selanjutnya dalam manfaat haki adalah sebagai bentuk antisipasi terjadinya pelanggaran kekayaan intelektual. Jika suatu saat kamu harus melawan seseorang secara ilegal dengan menggunakan karya kamu, pendaftaran hak cipta atas kekayaan intelektual akan memberi kamu dasar-dasar yang kuat sehingga jika orang-orang ini ingin menjiplak atau meniru karya kamu, mereka akan berpikir dua kali.

3. Kompetisi Dan Memperluas Pangsa Pasar – Manfaat HAKI

Dan yang terakhir dalam manfaat HAKI adalah Meningkatkan persaingan antar sesama pengusaha. Dengan HAKI atau hak kekayaan intelektual, banyak sekali pengusaha akan terdorong untuk berinovasi dan bekerja, sehingga meningkatkan persaingan. Hal ini secara tidak langsung dapat mengadu domba perusahaan satu sama perusahaan lain dalam menghasilkan karya terbaik.

Setelah kita mengetahui terkait pentingnya HKI terhadap Perusahaan dan beberapa pembahasan lainnya, kurang rasanya jika kita tidak membahas jenis-jenisnya. Ada dua jenis Hak Kekayaan Intelektual atau HKI, yaitu Hak cipta dan kekayaan Industri.

o Hak Cipta:
Hak eksklusif penerima atau pencipta untuk mempublikasikan/menerbitkan atau memperbanyak karyanya atau memberikan izin tanpa mengurangi batasan hukum yang berlaku.

o Hak kekayaan industri:
1. Paten
2. Merek
3. Desain Industri
4. Varietas Tanaman
5. Rahasia Dagang
6. Desain tata letak sirkuit terpadu

Demikianlah, pembahasan mengenai manfaat HAKI yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

× How can I help you?