https://limadetik.com/
Tak Berkategori  

Peranan Audit SDM dalam Meningkatkan Efektivitas dan Kinerja Karyawan

Oleh             : Ike Ambar Meilani
Mahasiswi : Universitas Muhammadiyah Malang (FEB/Akuntansi)


Tidak bisa di pungkiri dewasa ini pengaruh globalisasi membuat persaingan diantara perusahaan semakin kompetitif dimana persaingan ini akan membawa kemajuan dan menuntut perusahaan untuk menemukan keunggulan kompetitif yang dimilikinya guna kelangsungan bisnis perusahaan yang berkelanjutan yaitu salah satu faktor yang dapat digunakan sebagai keunggulan kompetitif adalah kemampuan sumber daya manusia (karyawan) yang dimiliki perusahaan.

limadetik branding

Karena Kinerja suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh kinerja dari sumber daya manusia atau karyawanya, dalam hal ini sumber daya manusia mempunyai peranan yang sangat penting diantara sumber-sumber daya yang lain dalam suatu perusahaan.

Baca Juga :  Laboratorium Demokrasi Dunia Itu Ada di Indonesia

Dalam hal Audit fungsi sumber daya manusia ini berperan penting untuk mengukur efektivitas dari fungsi sumber daya manusia yang berada pada organisasi. Dalam tahap audit sumber daya manusia ini, maka auditor melakukan analisa terhadap tujuan dari setiap aktivitas sumber daya manusia, kemudian mengkaji kinerja karyawan yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut. misalnya ada masalah yang terjadi contohnya peran dan tanggung jawab yang tidak terdefinisikan secara baik, sehingga hal ini akan menghambat tujuan perusahaan yang belum
tercapai.

Baca Juga :  Setiap Manusia adalah Pendidik

Namun, Melalui audit sumber daya manusia, maka masalah seperti ini bisa ditemukan untuk kemudian dicari solusinya atau diberi rekomendasi serta dapat mengidentifikasi kondisi saat ini serta langkah aksi apa yang perlu dijalankan untuk meningkatkan efektivitas fungsi kerja karyawan.

Oleh sebab itu, dalam meningkatkan efektivitas dan kinerja karyawan auditor lebih menekankan perhatiannya pada pencapaian tujuan program dan kegiatan yang sudah ditetapkan terhadap tujuan perusahaan secara menyeluruh dan menilai efektivitas mengenai pengelolaan perusahaan terkait sumber daya manusia yang dimiliki hingga dapat mencapai tujuan perusahaan. Sehingga dengan adanya peranan audit sumber daya manusia berpengaruh dalam meningkatkan efektivitas dan kinerja Karyawan.

Baca Juga :  Banjir: Berusaha Mencegah atau Cukup Pasrah

Catatan : seluruh isi artikel ini tanggung jawab penulis sepenuhnya

Tinggalkan Balasan