Opini

Perkembangan Betonisasi Jalan PG Krembung

×

Perkembangan Betonisasi Jalan PG Krembung

Sebarkan artikel ini
Perkembangan Betonisasi Jalan PG Krembung
Jl PG Krembung

Perkembangan Betonisasi Jalan PG Krembung

Penulis: Lisya Dwi Indarwati
Program Studi: Administrasi Publik. Fakultas: Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

__________________________

OPINI – Tahun ini Kabupaten Sidoarjo memfokuskan anggaran daerah untuk membangun infrastruktur jalan, yang dikhususkan untuk betonisasi wilayah Kabupaten Sidoarjo. Hal ini dikarenakan Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah industri yang dilewati kendaraan dengan tonase besar.

Jalan PG Krembung merupakan jalan alternatif Kabupaten Sidoarjo-Mojokerto. Baru baru ini mendapat tinjauan langsung dari Bupati Kabupaten Sidoarjo Bapak Ahmad Mudhlor Ali.

Bupati datang ke Krembung untuk melihat langsung kerusakan jalan yang sangat parah di wilayah tersebut. Jalan tersebut sudah rusak dari tahun lalu dan titik kerusakan makin melebar.

Bersama dinas PU Bina Marga serta kepala Dinas Perhubungan, dalam sidak pada kamis (4/5) bupati memutuskan untuk melakukan betonisasi wilayah tersebut.
Dari tinjauan tersebut jalan Krembung-Mojoruntut, akan dibeton paling lambat Juli ini.

Saat ini pertigaan Jasem-Krembung dan pertigaan jalan raya Krembung ke PG Krembung diberi banner pemberitahuan penutupan jalan PG Krembung mulai 1 Juli -10 Desember 2023.

Bulan lalu ada kemajuan dengan pemberian sirtu di sepanjang jalan yang berlubang, akan tetapi hal tersebut memunculkan masalah baru yaitu polusi yang dihasilkan sirtu beterbangan membuat wilayah tersebut tidak sehat dan menyusahkan pengguna roda dua.

Dan warga sekitar jalan tersebut saat siang hari selalu menyirami jalan depan rumah dengan air, agar debu tidak masuk ke dalam rumah. Saat ini jalan Tanjangrono – PG Krembung, tepatnya di desa Biting Rowo ditutup untuk kepentingan betonisasi.

Saat ini jalan kearah PG Krembung tidak dapat dilewati, mobil dan truk yang nekat melintas pasti mengambil jalan pintas melewati desa desa. Hal tersebut dapat mempersingkat jalan dan tidak putar balik, namun melewati jalan pemukiman truk dengan tonase besar akan merusak jalan dan kabel yang rendah dapat tersangkut dengan muatan truk.

Tahun lalu jalan PG Krembung sempat ditutup saat perbaikan jembatan yang ambles akibat derasnya aliran air hujan. Perbaikan jembatan tersebut memakan waktu kurang lebih lima bulan, dan saat itu jalan di wilayah teresebut sudah rusak parah. Namun, saat penutupan jalan itu tidak dibarengi perbaikan jalan di wilayah tersebut.

Jalan tidak perlu menunggu berlubang untuk diperbaiki, karena tiap tahun ada anggaran untuk pembangunan infrastruktur daerah. Pemimpin yang berhasil ialah pemimpin yang mengatasi masalah dan mensejahterakan warganya.

Diharapkan jalan tersebut segera diperbaiki agar sektor perekonomian berjalan baik dan normal kembali, bukan hanya wilayah Krembung tetapi perusahaan industri yang menggunakan jalan tersebut sebagai jalan alternatif.

Seharusnya pemerintah kabupaten Sidoarjo tanggap dan cepat dalam mengatasi masalah pembangun jalan di Krembung, karena jalan sudah tidak layak untuk di lewati.

Betonisasi jalan selama 6 bulan mungkin sedikit menggangu perekonomian masyarakat di wilayah tersebut, pemerintah juga harus peka terhadap warga yang lapangan pekerjaan mereka terdampak, seperti memberi santunan. Tetapi setelah jalan tersebut sudah dibeton manfaatnya akan bertahan hingga puluhan tahun.

Kemantapan infrastruktur jalan menjadi penyokong sektor distribusi logistik. Hal itu sangat berpengaruh pada perekonomian daerah dan nasional. Dan juga kenyamanan menggunakan jalan yang menjadi impian masyarakat.
______________________
Opini ini ditulis untuk tugas perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

× How can I help you?