https://limadetik.com/
Tak Berkategori  

PR Ratoh Ebuh Wujudkan Harapan Masyarakat Pasean Bersihkan Terumbu Karang di Pelabuhan Nelayan

PR Ratoh Ebuh Wujudkan Harapan Masyarakat Pasean Bersihkan Terumbu Karang di Pelabuhan Nelayan
FOTO: Kegiatan urukan pantai pelabuhan nelayan pasean pamekasan

PAMEKASAN, Limadetik.com – Perahu nelayan di wilayah Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, sebelumnya kesulitan untuk ma suk ke area muara tepi sungai jembatan di wilayah setempat karena tingginya terumbu karang.

Hal ini disebabkan tingginya terumbu karang. Sehinga dengan demikian, saat perahu tidak bisa menepi untuk nyandar mengalami kesulitan. Sebab tingginya terumbu karang di area tersebut bukan hanya menjadi kendala keluar masuk perahu, melainkan mengakibatkan kerusakan.

limadetik branding

“Setiap tahun pasti ada perahu yang mengalami kerusakan fatal akibat tersandung terumbu karang” kata Bambang Sutrisno warga setempat, Rabu (19/01/2020).

Baca Juga :  Hasil FGD dengan UNEJ, Pembangunan KIHT di Pamekasan Dinyatakan Tanpa Syarat

Penantian puluhan tahun tersebut akhirnya terjawab ketika salah satu perusahaan rokok yakni PR Rato Ebuh mendatangkan alat berat berupa Eskavator untuk membersihkan terumbu kurang agar perahu mudah merapat ke bibir pantai.

Lanjut Bambang, sebelumnya banyak pihak meninjau lokasi tersebut mulai dari Pemerintah Kabupaten hinga Gubenur. Namun tidak ada kejelasan.

“Mulai dari pemkab hingga Gubenur sempat meninjau ke lokasi langsung, namun tidak ada kejelasan,” kata dia.

Baca Juga :  Rutan Baturaja Kembali Disambangi Kacab BPJS OKU

Menurutnya, perusahaan rokok ini memfasilitasi keinginan masyarakat dengan menanggung biaya mulai dari mobilisasi hingga ongkos. Sedangkan untuk biaya solar dan makan masyarakat patungan atau secara swadaya.

“Intinya mas, kalau tidak ditanggung H. Moh. Taufikurrahman, S.Sos, PR Ratoh Ebuh ini tidak akan terlaksana, Mobilisasi hinga ongkos Eskavator di tangung penuh oleh Cv Rato Ebuh, kalau biaya makan dan BBM di tangung para nelayan dengan cara patungan,” jelasnya.

Baca Juga :  RSUD Waru Pamekasan Manfaatkan DBHCHT untuk Pengadaan Obat-obatan dan Alkes

Imam salah satu manajemen PR Rato Ebuh di lokasi mengatakan, aktivitas tersebut diprediksi akan selesai kurang lebih 5 hari ke depan, pasangan surut air laut menjadi kendala, sehinga Eskavator tidak bisa bekerja secara total.

“Pasang surut air menjadi kendala kita untuk membersihkan terumbu karang di lokasi, sehinga urukan hanya bisa di kerjakan mulai dari jam 5 pagi hinga jam 10 siang,” katanya.

Tinggalkan Balasan