Puluhan Ribu e-KTP di Sumenep Dimusnahkan

SUMENEP, limadetik.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur memusnahkan 51 ribu lebih Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e KTP), Jum’at (14/12/2018).

Pemusnahan e-KTP dengan cara dibakar tersebut dilakukan di depan Kantor Dispesdukcapil Sumenep, Jalan Trunojoyo. e-KPT yang dimusnahkan kumpulan sejak 2012 hingga sekarang.

“Ada sekitar 51 ribu lebih e-KTP yang dimusnahkan,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dispendukcapil Sumenep, Wahasah.

Menurutnya, e-KTP yang dimusnahkan itu karena dinilai sudah tidak bisa digunakan, sebab pemiliknya telah mengajukan perubahan alamat, perubahan status dan perbaikan nama.

Sehingga, sesuai prosedur, e-KTP yang rusak atau tidak bisa digunakan memang harus dimusnahkan. Aturan pemusnahannya, kalau dulu dengan.cara digunting, tapi sekarang harus dibakar.

Dia melanjutkan, bahwa pemusnahan e-KTP yang sudah rusak itu untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Karena belakangan, beredar informasi di sejumlah daerah ditemukan adanya e-KTP yang dibuang di jalan dan itu bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Jadi pemusnahan ini untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan seperti penyalahgunaan e-KTP oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” imbuhnya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here