https://limadetik.com/

Raja dan Sultan Nusantara Menyaksikan Festival Musik Tong-tong di Sumenep

  • Bagikan
IMG 20191028 100815

SUMENEP, limadetik.com – Sejumlah raja dan sultan dari berbagai kerajaan yang ada di Indonesia asyik menyaksikan Festival Musik Tong-tong se-Madura yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (26/10/2019) malam.

Festival musik Tong-tong dengan start di depan Masjid Agung ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-750.

https://limadetik.com/

Para Sultan dan Raja yang hadir menyaksikan Festival Musik Tong-tong di antaranya dari Sulawesi, Ternate, Palembang, Kupang, Solo, Yogyakarta dan Palu. Mereka senang menyaksikan musik Tong-tong yang diiringi tarian sejumlah penari tradisional.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dalam sambutannya mengatakan, Festival Musik Tong-tong merupakan event budaya yang paling digemari dan menyedot antusiasme masyarakat dari berbagai kalangan di Madura.

“Bahkan juga dari luar Madura datang ke sini untuk menyaksikan Musik Tong-tong,” katanya.

Apalagi, sambung bupati dua periode ini, kelompok Musik Tong-tong tidak sekedar membawakan lagu Madura saja, melainkan juga lagu luar Madura. Itu dalam rangka meningkatkan kebersamaan untuk Indonesia, bahkan masyarakat dengan lagu-lagu luar daerah makin menikmati Musik Tong-tong.

Dia mengaku secara khusus meminta kepada panitia dan kelompok Musik Tong-tong supaya Festival Tahun selanjutnya membawakan lagu luar Madura, seperti Makassar, Sulawesi, Jawa dan Papua.

“Mudah-mudahan Festival Tahun depan lebih semarak dibandingkan Tahun ini,” harapnya.

Dia mengaku bangga memiliki budaya yang tiada duanya ini, sebagai identitas dan jati diri masyarakat Madura. “Jangan mengutamakan juara, namun yang terpenting menjaga agar tradisi, budaya dan kesenian di Madura tetap lestari dan terjaga sampai kapanpun,” tukasnya.

Dari pantauan media ini, tidak hanya dihadiri para raja dan sultan, tetapi ribuan masyarakat tumpah ruwah menyaksikan Musik Tong-tong. Sedikitnya sekitar 30 kelompok Tong-tong yang tampil dan berjalan secara beriringan hingga batas yang telah ditetapkan panitia.(hoki/Dwita)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan