umroh 12 hari

Sehat dengan Pasir

Sungguh indah jika adat-istiadat, tradisi dan buadaya masih terjaga

Sehat dengan Pasir
FOTO: Warga bermain di pasir

Oleh: Riqqotus Sabelah

Siapa yang tidak tahu bahwa di Sumenep banyak tersimpan tradisi dan budaya yang unik serta menarik untuk diketahui dan ditelusuri keberadaannya. Salah satu tradisi unik yang berada di Sumenep yakni adalah Kampung pasir tepatnya ada di desa Legung kabupaten Sumenep.

umroh 9 hari

Kampung pasir ini merupkan destinasi wisata yang unik, pasalnya di desa Legung ini disetiap rumah yang ada di pesisir pantai Lombang memiliki ruangan tersendiri untuk dijadikan tempat tidur namun dari pasir.

Masyarakat disana rupanya sudah terbiasa tidur diatas pasir tersebut, pasir tersebut berwarna putih, halus dan tidak lengket di kulit. Pada informasi yang saya dapatkan bahwa beberapa masyarakat diasana tidur diatas pasir ini dapat menyehatkan tubuh.

Tradisi tidur diatas pasir sudah turun-temurun dilakukan sejak lama dari nenek moyang masyarakat Legung. Hal ini harus tetap dijaga kelestariannya agar tetap terjaga dengan baik dan agar anak cucu tetap bisa merasakan tradisi tidur diatas pasir.

Pasir-pasir disana tidak hanya dibangun didalam ruangan, namun dihalaman rumahpun masyarakat biasa membuat tempat seperti kolam namun rendah untuk meletakkan butiran-butiran pasir tersebut, pasir-pasir dihalaman rumah itu bisanya dijadikan tempat untuk berjemur oleh warga sekitar.

Baca Juga :  Membangun Optimisme Kehidupan di Tengah Situasi yang Mencekam

Karena keunikannya tersebut maka banyak wisatawan lokal dari pulau Madura sendiri maupun dari luar pulau Madura yang mengunjungi kampung pasir tersebut karena rasa penasaran dapat bersantai diatas pasir yang halus dan tidak lengket.

Bahkan warga mengakui jika tidur diatas kasur pasir ketika musim hujan atau saat cuaca dingin maka suhu didalam ruangan menjadi hangat atau ketika tidur terasa hangat dan sebaliknya, jika cuaca panas maka tidur diatas kasur pasir akan terasa dingin atau sejuk.

Sungguh indah jika adat-istiadat, tradisi dan buadaya masih terjaga ke khasannya dan masih terjaga dari dulu hingga saat ini tanpa dirusak siapapun.

Begitu juga dikampung pasir yang ada di kecamatan Legung kabupaten Sumenep masih terjaga tradisinya hingga saat ini karena warga kompak untuk tetap melestarikan tradisi unik tersebut karena memang lokasi tersebut dekat dengan pantai Lombang dan memiliki pasir yang halus.

Tinggalkan Balasan