Siapa Bilang FKMA di Sumenep Sukses, Ini loh Kekecewaan Raja yang Hadir

SUMENEP, Limadetik.com — Forum Komunikasi Masyarakat Adat (FKMA) Asean V di Sumenep berakhir dan resmi ditutup pada hari Rabu, (31/10/2018) dan para raja pun kembali ke Daerah masing-masing.

Di tengah kemeriahan acara tahunan yang digelar Pemkab Sumenep ini ternyata banyak menyisakan cerita, dari suka duka hingga rasa kecewa yang dialami oleh hampir setiap tamu raja-raja perwakilan se nusantara yang hadir untuk mempererat silaturrahmi.

“Gimana ya, mau bilang apa kami ini, kalau melihat acaranya (FKMA red) kemarin itu sungguh meriah dan pastinya kami bangga, apa lagi dihadiri orang nomer 1 di Negeri ini bapak Presiden RI, hanya saja kami kecewa saat kami harus cari hidangan (makan) siang dan lainnya kenapa harus berubah-rubah” kata salah satu raja peserta dari Padang Lawas yang namanya tidak mau disebutkan, Rabu (31/10/2018).

Saat ditanya maksud dari berubah-rubah, ia mengatakan jika pada hari kedua mereka malah diajak makan ke tempat yang jauh, yaitu di selopeng yang akhirnya gagal dan pindah lagi ke temoat lain.

“Kemarin itu kami merasa gak nyaman, karena tempat makan yang sebelumnya sudah ditentukan di selopeng, tapi kok tiba-tiba baru juga dalam perjalanan kesana (selopeng red) malah dibatalkan dengan alasan panitia sudah ada yang nempati duluan gitu, dan akhirnya kami balik lagi ke kota” tuturnya menambahkan dengan nada kecewa.

Selain itu, menurut salah satu raja dari Padang Lawas ini, mereka harus ikhlas makan seadanya dan bahkan ada yang sampai beli makan sendiri dengan ngerogoh kocek sendiri.

“Bahkan lebih kecewanya kita setelah tidak jadi makan di selopeng saat balik lagi ke kota kita terpaksan beli makan sendiri dan itu pun dengan kocek atau uang sendiri” jelasnya.

Raja dari Padang Lawas ini berharap kedepannya acara seperti FKMA ini agar lebih terkoordinir dan tidak lagi terjadi hal yang serupa yang dialami para raja-raja yang hadir se nusantara bahkan se asia tenggara.

“Kami memahami Kabupaten Sumenep ini baru melaksanakan acara setingkat nasional seperti FKMA ini, tapi kedepan nya kami raja-raja berharap agar hal yang begini panitianya lebih tertata dan terkoordinir lagi agar tidak menimbulkan kekecewan, namun demikian kami tetap ucapkan banyak terimaksih pada para raja yang ada di Sumenep beserta Bupati Sumenep atas semua rentetan acara yang digelar oleh FKMA” pungkasnya. (yd/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here