SUMENEP, limadetik.com — Pesta demokrasi Pilkades serentak pada tanggal 7 Nopember 2019 di Desa Pasongsongan, Kabupaten Sumenep berlangsung meriah dan damai.

Proses panjang yang menguras energi tersebut akhirnya selesai juga. Fokus untuk bisa menjadi orang nomer satu di desa bukanlah perkara mudah. Gesekan narasi politik dari rival dan tim sukses tak jarang melahirkan noktah sensitifitas negatif sehingga nuansa kerukunan menjadi kurang nyaman. Namun biasanya akan reda setelah penentuan “juara” ditetapkan.

Ada 5 kandidat Cakades yang bertarung di Pilkades Pasongsongan. Adalah Hairus Samad (nomer 1), Salamin (nomer 2), Moh. Amir (nomer 3), Ahmad Saleh Harianto (nomer 4), dan Mohammad Saleh (nomer 5). Kelima Cakades Pasongsongan sama-sama mengusung visi misi ingin memajukan Desa Pasongsongan ke arah yang lebih baik daripada sebelumnya.

Foto: Ahmad Saleh Harianto (T-Shirt) bersama Yant Kaiy dari limadetik.com

Sukses penyelenggaraan Pilkades Pasongsongan tak lepas dari dukungan semua pihak. Terutama dari pihak panitia Pilkades yang responsif dalam mengantisipasi segala bentuk kemelut yang muncul ke permukaan.

Pihak keamanan, dalam hal ini TNI, Polri, dan Linmas juga bahu-membahu berperan aktif membantu lancarnya sukses pelaksanaan pesta rakyat tingkat desa ini. Dalam pemantauan limadetik.com di lapangan, mulai dari dibuka sampai penghitungan suara tidak ada kendala berarti dalam proses pelaksanaannya. Cuaca di lokasi juga sangat bersahabat.

Kekhawatiran dari beberapa pihak akan kacaunya penyelengaraan Pilkades kali ini, ternyata hanya angin lalu. Ini membuktikan kalau masyarakat Desa Pasongsongan lebih mengutamakan kerukunan. Kalah dan menang dalam kompetisi apapun itu wajar dan harus diterima dengan lapang dada.

Pelaksanaan pesta Pilkades Pasongsongan saat ini diletakkan di Lapangan Sawunggaling desa setempat. Tepatnya di sebelah selatan Balai Desa Pasongsongan, Dusun Morasen.

Perlu diketahui di Desa Pasongsongan ada 6 dusun. Berikut hasil perolehan suara dari kelima kandidat Cakades yang berkompetisi.

Jadi pemenang dari Pilkades Pasongsongan adalah Ahmad Saleh Harianto dengan nomer urut 4. Demikian hasil pantauan langsung limadetik.com di arena Pilkades Pasongsongan yang dimulai jam 08.00 WIB dan berakhir pada jam 01.30 WIB, Jumat (8/11/2019). Semoga yang menang amanah dan yang kalah lapang hati. Amin ya Robbal Alamin! (Yant Kaiy/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here