https://limadetik.com/

Surat Cinta Komisi II DPRD Sumenep Kepada SKK Migas Wilayah Jatim se-Jabanusa Berujung Didemo Mahasiswa

Surat Cinta Komisi II DPRD Sumenep Kepada SKK Migas Wilayah Jatim se-Jabanusa Berujung Didemo Mahasiswa
FOTO: Aktivis GMNI DPC Sumenep saat aksi ke Gedung DPRD Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Polemik surat cinta Komisi II DPRD Sumenep yang meminta fasiltitas dan akomodasi kepada SKK Migas wilayah Jawa Timur se- Jabanusa berakhir didemo mahasiswa, Jumat (11/2/2022).

Para mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Sumenep itu menuntut agar surat cinta Komisi II DPRD Sumenep kepada SKK Migas wilayah Jawa Timur se-Jabanusa diusut tuntas karena dinilai telah melanggar etik DPRD sebagai fungsi kontrol.

limadetik branding

Dalam orasinya, Afif Mawardi korlap aksi mahasiswa menuding, bahwa wakil ketua DPRD Sumenep yang menandatangani telah surat permintaan fasilitas dan akomodasi Komisi II DPRD Sumenep kepada SKK perwakilab Jawa Timur se-Jabanusa telah mencoreng wajah para wakil rakyat.

Baca Juga :  Korem 102 Panju Panjung Gelar Pemusnahan Senjata Api Rakitan

“Sebagai wakil rakyat, Komisi II DPRD Sumenep telah membuat malu rakyat Sumenep dengan meminta fasilitas dan akomodasi kepada SKK migas wilayah Jawa Timur se-Jabanusa. Apakah kalian (wakil rakyat, red) masih kurang dengan gaji yang kalian terima saat ini” katanya.

Menurut para pendemo, tindakan yang dilakukan DPRD Sumenep, dalam hal ini wakil Ketua Faisal Muhlis telah melanghar UU nomor 13 tahun 2019 atas perubahan undang-undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Baca Juga :  Ketua DPR RI Borong Pisang Warga Saat Berkunjung ke Pulau Oksigen

“Sudah jelas kita tahu bersama, pasal 373 kewajiban anggota, bahwa DPRD harus mendahulukan kepentingan rakyatnya daripada kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan. Begitu juga dalam menjaga etika dan norma dalam hubungan kerja dan seharusnya, DPRD ini taat akan tata tertib dan kode etik” tandasnya.

Seharusnya lanjut korlap aksi, DPRD power full menjalankan amanat dan fungsi pengawasan kepada lembaga eksekutif yang mwnjadi eksekutor dalam hal ini SKK migas wilayah Jawa Timur se-Jabanusa.

Baca Juga :  Berkah Jumat Manis, Emak-emak di Sumenep Dapat Pasar Murah

“Maka dengan melalui ini kami sampaikan surat aduan kepada Badan Kehormatan (BK DPRD) Kabupaten Sumenep wajib melakukan pemeriksaan terhadap saudara Faisal Muhlis atas pengabaian kode etik dan perintah undang-undang” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, kisruh surat cinta Komisi II DPRD Sumenep terjadi sejak dua awal Februari 2022, setelah surat yang ditujukan ke SKK Migas wilayah Jawa Timur se-Jabanusa bocor ke sejumlah awak media.

Tinggalkan Balasan