https://limadetik.com/
Tak Berkategori  

Tahun Ini, Pamekasan Dilanda Banjir Besar

Tahun Ini, Pamekasan Dilanda Banjir Besar
FOTO: Penampakan pemukiman warga di Pamekasan yang terdampak Banjir

PAMEKASAN, Limadetik.com – Kabupaten Pamekasan, kembali dilanda banjir besar. Kali ini, banjir jauh lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, disebut sebagai banjir terbesar selama 50 tahun terakhir.

Banjir yang merendam ribuan rumah di bumi Gerbang Salam terjadi sejak Selasa, 01 Maret 2022 pagi. Banjir disebabkan intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak dini hari Selasa hingga pagi hari, hingga mengakibatkan terjadinya banjir besar.

limadetik branding

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir awalnya terjadi di wilayah kecamatan Palengaan yang merendam permukiman warga, bahkan pondok pesantren di wilayah itu. Sehingga dari banyak pemukiman warga yang terendam akibat banjir besar yang melanda.

Baca Juga :  Berkat Forum Relawan RAPI, Warga Pamekasan yang Puluhan Tahun Terlantar di Medan Akhirnya...

Berdasarkan keterangan tertulis BPBD Pamekasan, banjir terjadi akibat luapan air sungai yang tidak mampu menampung debit air sebab air laut mulai pasang sejak pagi hingga malam.

“Banjir terjadi akibat hujan deras yang cukup lama,” ujar Supervisor Pusdalops BPBD Pamekasan Budi Cahyono.

Pertama, Banjir terjadi di wilayah kecamatan Palengaan, Desa Poto’an Daja, Palengaan Daya, dan sejumlah Desa lainnya di wilayah itu.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Kebutuhan Stok Daging di Pamekasan Terpenuhi

Di wilayah kecamatan Kota, sejumlah kelurahan juga terendam banjir, Kelurahan Jungcangcang, Patemon, Bugih, Parteker, Desa Laden, Desa Teja Timur.

Di kecamatan Pademawu, banjir juga merendam kelurahan Barurambat Kota, Barurambat Timur.

“Hari ini, banjir masih terjadi di desa Sumedangan, Pademawu Timur, Pademawu Barat, Majungan dan Patemon,” tutur Budi menambahkan.

Diketahui, banjir terjadi di kabupaten Pamekasan sejak pagi hari kemarin usai diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan merata.

Baca Juga :  Pesan Bupati Pamekasan di Malam Peringatan Nuzulul Qur'an

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sore hari turun langsung ke sejumlah lokasi yang terdampak banjir untuk memberikan semangat dan bantuan nasi bungkus. Salah satunya di kelurahan Parteker.

Tim BPBD hingga dini hari tadi pagi masih berjibaku untuk mengevaluasi warga yang terdampak banjir besar tersebut.

Tinggalkan Balasan