https://limadetik.com/

Tak Hanya Menyehatkan Jantung, Ini 5 Manfaat Lari Pagi

Tak Hanya Menyehatkan Jantung, Ini 5 Manfaat Lari Pagi
FOTO : Olahraga Lari

“Manfaat lari di pagi hari untuk kesehatan sebenarnya tidak perlu lagi diragukan. Apabila aktivitas ini kamu lakukan secara rutin, stamina dan energi tubuh akan bertambah dan kamu pun menjadi lebih produktif di sisa hari. Selain itu, masih banyak lagi manfaat lari pagi untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.”

Limadetik.com – Udara yang masih segar dan sejuk bisa menjadi salah satu penyebab sebagian orang memilih untuk lari pagi dibandingkan dengan sore hari. Sebenarnya, masih banyak lagi alasannya, termasuk bahwa lari pagi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan fisik tubuh maupun mental.

limadetik branding

Memang benar, lari menjadi salah satu aktivitas fisik yang dianjurkan untuk dilakukan karena mencegah dan melindungi tubuh dari risiko terjadinya masalah kardiovaskular, menyehatkan jantung, juga membantu menurunkan berat badan. Namun, tidak hanya itu, ada banyak lagi manfaat lari di pagi hari yang bisa kamu dapatkan, berikut di antaranya:

Baca Juga :  Mengingat Bang Tarman dan Mas Margiono

• Menjaga Kesehatan Sendi

Tak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa lari bisa memberikan dampak negatif pada sendi. Namun, ternyata rutin lari justru bisa memperkecil risiko kamu terkena masalah kesehatan pada sendi. Ini karena para pelari memiliki tubuh yang proporsional dengan berat badan optimal, sehingga ketegangan pada area sendi pun tidak berlebihan.

Tak hanya itu, manfaat lari pagi lainnya yang berkaitan dengan masalah sendi adalah membantu menjaga kondisi tulang tetap sehat. Ketika kamu mulai melakukan lari pagi, tulang akan mendapatkan beban dan tekanan lalu menjadi terbiasa akan hal itu, sehingga tulang pun menjadi semakin kuat. Kepadatan dan kekuatan tulang ini membantu tubuh terhindar dari masalah kesehatan tulang, seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan osteoporosis.

• Produktivitas Semakin Meningkat

Tak hanya membuat kamu lebih bertenaga dan stamina yang lebih meningkat, lari pagi juga membuat kamu menjadi lebih produktif, lho! Ini disebabkan karena aktivitas fisik seperti olahraga bisa membantu memberikan stimulasi pada fisik maupun mental.

Baca Juga :  Punya Cita-cita Sejak Kecil, Anggota Himpass Lolos Seleksi Perssu

Setelah kamu berlari, adrenalin dan endorfin dalam jumlah yang lebih banyak akan mengalir ke semua bagian tubuh. Kondisi tersebut akan berdampak pada perasaan yang lebih senang atau bahagia yang bisa bertahan selama beberapa jam setelah kamu berlari.

• Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Apakah kamu sering merasa bahwa tidur malam kurang berkualitas beberapa waktu terakhir ini? Mungkin, sudah waktunya untuk kamu membiasakan lari pagi. Faktanya, melakukan lari pagi secara rutin bisa membuat kamu mengantuk lebih cepat pada malam harinya, jadi kamu tidak sering begadang. Tidak perlu lama kok, kamu hanya perlu meluangkan waktu selama 30 menit setiap pagi untuk lari pagi.

• Meningkatkan Suasana Hati

Sering memiliki suasana hati yang tidak baik? Mungkin, kamu kurang olahraga. Tidak perlu olahraga berat, kamu bisa mendapatkan suasana hati yang lebih baik dengan rutin lari setiap pagi. Pasalnya, ketika kamu berolahraga, tubuh akan melepaskan banyak senyawa kimia pada otak, termasuk serotonin, dopamin, juga endorfin.

Baca Juga :  Tradisi Melaut Masyarakat Bajo Berkaitan dengan Nilai-Nilai Ekologi

Semua senyawa itu mampu membantu memperbaiki suasana hati dan emosi. Tak hanya itu, dengan rutin melakukan lari pagi, tubuh bisa lebih menyeimbangkan kadar hormon stres. Jadi, kalau kamu ingin suasana hati selalu membaik, coba mulai dengan melakukan rutinitas lebih positif setiap hari, misalnya dengan lari pagi.

• Mengontrol Nafsu Makan

Tak banyak yang menyadari bahwa lari pagi yang dilakukan secara rutin juga membantu mengendalikan nafsu makan. Aktivitas ini mampu mengurangi hormon ghrelin yang berperan untuk merangsang rasa lapar dan membantu meningkatkan hormon leptin yang memberikan rasa kenyang. Ini artinya, manfaat lari juga bisa membantu mengontrol berat badan.

(sumber : halodoc.com)

Tinggalkan Balasan