UA-110482044-1, G-W7VVX1GT8W
Tak Berkategori  

Tidak “Connect” dengan Jalan Nasional, Infrastruktur di Kepulauan Sumenep Tidak Bisa Pakai DAK

Pembangunan Infrastruktur Perdesaan DD Tahap Dua TA. 2018 Desa Bakungin 50 Sudah Berjalan
Doc. Limadetikcom

SUMENEP, Limadetik.com – Impian masyarakat kepulauan Sumenep, Jawa Timur untuk memiliki infrastruktur yang layak sulit terealisasi. Pasalnya, meskipun tahun ini mendapat suntikan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 34,5 miliar, tidak bisa dialokasikan untuk perbaikan atau pembangunan infrastruktur di Kepulauan.

“Karena jalan di kepulauan tidak nyambung (connect) dengan jalan nasional,” kata Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Susanto, Jum’at (3/8/2018).

Sesuai aturan, anggaran yang bersumber dari APBN harus direalisasikan pada jalan yang memiliki koneksi pada jalan nasional atau provinsi. Sedangkan jalan-jalan di kepulauan tidak ada yang tersambung langsung dengan jalan nasional atau provinsi.

Baca Juga :   Rudy Susanto (Bacabup) Pamekasan Meyakini Akan di Rekom Partai

Akibatnya, semua pembangunan jalan di kepulauan harus menggunakan anggaran dari APBD. Tahun ini untuk kepulauan, sambung Erik, porsi anggaran sudah besar dibandingkan daratan.

“Di Bina Marga dari APBD sebanyak 73,5 persen di arahkan kepulauan, sementara sisanya 26,5 persen di letakkan di daratan. Total yang ada di APBD sebesar Rp 51 miliar,” terang Erik.

Baca Juga :   Tersangka Narkoba di Sumenep Capai 102 Orang, 8 Diantaranya Perempuan

Pihaknya meyakini bahwa pembangunan di kepulauan tetap maksimal meski anggaran yang digunakan bukan dari APBN. Dengan kata lain tidak ada disparitas soal pembangunan jalan.

“Kami upayakan untuk pembanguan jalan di Pulau Talango bisa melalui DAK, sebab masih nyambung dengan jalan nasional di Pelabuhan Kalianget,” tukasnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengaku pembangunan kepulauan membutuhkan bantuan dari APBN. Karena APBD Sumenep tidak cukup apabila digunakan untuk pembangunan di kepulauan.

Baca Juga :   Tiduri Remaja Putri, Dua Remaja di Sumenep Berurusan dengan Polisi

“Kami meminta kepada Pemerintah Pusat agar dibantu untuk pembangunan di kepulauan. Sedangkan untuk infrastruktur daratan, biar kami (APBD) yang menangani,” katanya.

Sumenep terdiri dari 126 pulau. Dari 27 kecamatan, 9 diantaranya berada di wilayah kepulauan. Pulau terdekat dengan pusat pemerintahan, yakni Talango. (hoki/rud)

Tinggalkan Balasan