Tiga Bulan Pertama, Kunjungan Wisman ke Sumenep Capai 500 Lebih

SUMENEP, Limadetik.com – Program Visit Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mulai terlihat hasilnya. Buktinya, berdasarkan data Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora)  setempat selama tiga bulan terakhir, angka wisatawan yang berkunjung tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun 2017, jumlah pengunjung Wisatawan Mancanegara (Wisman) sebanyak 26 orang, tapi pada tahun 2018 ini sudah mencapai 500 orang lebih. Sedangkan pengunjung domestik, pada tahun 2017 sebanyak 130 ribu di tiga bulan pertama dan tahun ini sebanyak 240 ribu.

“Ini sebagai bukti bahwa peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke Sumenep mulai meningkat. Apalagi, ke depan masih banyak event-event yang akan kami gelar untuk menarik para wisatawan,” kata Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto, Rabu (16/5/2018).

Sofi mengungkapkan, tingginya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara itu perpaduan antara adanya event yang digelar pemerintah daerah dan mereka yang sengaja berkunjung ke destinasi wisata yang ada.

Sebab selama ini selain saat ada event, para pengunjung masih menjadikan Pantai Lombang dan Pantai Sembilan sebagai tujuannya. Tapi ada juga yang berkunjung ke destinasi lain seperti Pantai Gili Labak.

Sedangkan target kunjungan tahun 2018, untuk wisatawan domestik sebanyak 1 juta 250 orang dan wisman sebanyak 10 ribu orang.

“Kami optimis jumlah pengunjung tahun ini melebihi target,” tukasnya.

(Hoki/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.