Tim Terpadu Kabupaten OKU Lakukan Penertiban dan Pengendalian IMB

BATURAJA, Limadetik.com – Badan  Penanaman Modal yang berubah nomenklatur, menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), saat ini sedang gencar menjalankan program.

tentang penertiban dan pengendalian Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yang telah dilakukan oleh tim terpadu,” hal ini dikatakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten OKU Gunawan Somad, saat di temui Limadetik.com, di ruang kerjanya, Rabu (2/8/2017).

Terkait dilakukan penertiban dan pengendalian IMB, dijelaskan, Gunawan, sudah ada tim terpadu dari beberapa Dinas diantaranya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup, Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat, Sat Pol PP, dan Dinas terkait lainnya. Sedangkan Koordinator tim terpadu Asisten II Setda OKU.

“Tim terpadu langsung turun kelapangan mengecek ke ruko dan toko setiap hari rabu dan program ini telah berjalan 2 bulan,” terangnya.

Selain itu lanjut Gunawan, ada pogram penanaman pohon penghijauan di depan ruko dan toko dan pemilik ruko dan toko di wajibkan menanam pohon penghijauan.

“Nanti penaman pohon penghijauan akan di bantu bibit dan di tanam sendiri oleh pemilik ruko dan toko,” katanya.

Pemilik ruko dan toko, sambung Gunawan, pada waktu sebelum mendirikan bangunan, memang sudah ada kesepakatan dan pernyataan jika di depan ruko dan toko akan mereka tanam pohon penghijauan, atas dasar tersebut tim terpadu turun kelapangan untuk mengecek dan mewajibkan kepada  setiap pemilik ruko dan toko harus menanam pohon penghijauan. Jika pemilik ruko dan toko tidak menanam pohon penghijauan maka tidak menutup kemungkinan akan di berikan sanksi, berupa pencabutan izin usaha.

Disamping program penertiban dan pengendalian IMB, serta penamanan pohon penghijauan, tambah Gunawan, rencana kedepan bakal ada pemutihan IMB, dan juga  menertibkan mini market Indomaret dan Alfamart yang saat ini sudah  menjamur di Baturaja.

“Ya, rencana kedepan bakal ada pemutihan IMB dan juga penertiban mini market Indomaret dan Alfamart,” ucapnya.

Pogram ini, kata  Gunawan, berkaitan dengan Adipura, Alhamdulillah di Tahun 2017 ini, Kabupaten OKU telah meraih Adipura Kencana Kota Kecil, oleh karena itu kedepan akan kita pertahankan.

“Kita optimis untuk selanjutnya piala Adipura akan di raih kembali,” pungkas Gunawan.

[Ari/Yd]

LEAVE A REPLY