Pemerintah

UMKM Sumenep Terus Maju dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

×

UMKM Sumenep Terus Maju dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Sebarkan artikel ini
UMKM Sumenep Terus Maju dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat
Kadiskop UMKM dan Perindag Sumenep, Chainur Rasyid

UMKM Sumenep Terus Maju dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop UMKM Perindag) Sumenep terus melakukan upaya untuk memajukan UMKM yang ada dengan beberapa trobosan, dan mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat, Kamis (5/10/2023).

Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop UMKM dan Perindag) Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, ia menyebutkan, bahwa keberadaan UMKM di Sumenep saat ini sudah mencapai 4.000 lebih.

“Jumlah yang ada terus bergerak, artinya terus ada kemajuan untuk UMKM kita. Tentu ini menandakan meningkatnya perekonomian masyarakat Kabupaten Sumenep” kata Kadiskop UMKM Perindag.

Menurut Chainur, kemajuan UMKM di Sumenep tentu juga ditunjang dengan banyaknya event yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sumenep, sehingga dirinya terus melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM, baik dari segi kualitas barang yang dijual maupun dari kemasannya.

“Jadi kita minta kepada seluruh pelaku UMKM di Sumenep untuk terus mempertahankan kualitas jualanya, khususnya kuliner. Dan jika itu adalah kue kering, maka packaging harus lebih ditingkatkan kepada yang lebih baik lagi” ungkapnya.

Chainur menyebutkan, pihaknya juga terus mendorong kepada para pelaku UMKM untuk melengkapi izin atau setidaknya memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sehingga ke depan akan semakin tertata, dan saat ini juga Diskop UMKM Perindag mengarahkan UMKM untuk mengurus izin halal di Kamenag Sumenep.

“Saat UMKM kita yang sudah memiliki izin lebih dari separuh dari data yang ada, sisanya semua sudah dalam proses. Termasuk kita mendorong agar mengurusi label halal yang sudah disiapkan Kemenag, gratis, tapi ternyata ada juga yang sudah mengurus secara mandiri, itu bagus” terangnya.

Dikatakan Kadiskop UMKM Perindag, pada bulan Oktober ini Pemkab Sumenep juga akan mengadakan event hari jadi, tentu dirinya juga ikut mendorong UMKM untuk berpatisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Jadi selama satu bulan ini nanti kita juga akan tetap mendorong UMKM untuk hadir, sebab penghasilan dari setiap event itu pasti jauh lebih besar, terutama kuliner ya. Ini bisa sampai tiga kali lipat dari pendapatan atau penjualan sehari-hari, sepertinya hal nya event yang sudah dilaksanakan” pungkasnya.

× How can I help you?