Ungkap Kasus Novel Baswedan, Polisi Gandeng KPK

JAKARTA, Limadetik.com – Pihak kepolisian berencana menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membentuk tim gabungan dalam mengungkap kasus teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior lembaga antirasuah Novel Baswedan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul mengungkapkan, dengan kerjasama itu polisi berharap bisa mendapatkan masukan oleh KPK dalam mengusut kasus teror tersebut. Selain itu, polisi juga berharap dapat sejumlah informasi penting lainnya agar kasus ini segera terungkap.

“Namanya dinamika pentingkan kerja sama instansi di mana Novel berada. Kerja sama itu bisa pertukaran informasi, bersama-sama untuk lakukan investigasi, melakukan kroscek informasi yang diperoleh Polri sehingga kemudian penyidik bisa mendapat satu masukan oleh siapa saja, termasuk oleh instansi Novel ini berada, yaitu KPK,” kata Martinus kepada awak media di kantornya, Kamis 3 Agustus 2017.

Lebih dalam, inisiasi kerjasama itu, dikatakan Martinus, agar KPK mengetahui segala progres atau kemajuan dari proses penyelidikan yang dilakukan jajaran Korps Bhayangkara.

“Bagi kami supaya wadah di mana saudara Novel bkerja bisa mengetahui progresnya,” jelas Martinus.

Dalam proses pengungkapan perkara ini, menurut Martinus, tak semua kasus bisa ditargetkan waktunya dalam proses pengungkapan. Apalagi, ia menyebut kasus teror ini memiliki kendala yang cukup berat.

“Tentu penyidik terus berupaya optimal untuk mengungkap kasus ini. Kami sudah sangat terbuka dan transparan. Dari pihak Polri bahkan Bapak Kapolri sendiri menyampaikan progres dari penanganan perkara ini,” kata Martinus.

Dalam kasus yang menjadi misteri lebih dari 100 hari ini, Presiden Jokowi menginstruksikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk segera mengungkap kasus teror Novel Baswedan.

Usai pertemuan itu, Tito langsung merilis satu buah sketsa wajah yang diduga kuat merupakan salah satu pelaku aksi teror tersebut. Ciri-cirinya adalah seorang pria berkulit sawo matang dengan rambut ikal keriting dan tinggi badan sekira 167 sentime‎ter.

(*)

LEAVE A REPLY