Artikel

Urgensi Sarana dalam Meningkatkan Produktivitas Perguruan Tinggi

×

Urgensi Sarana dalam Meningkatkan Produktivitas Perguruan Tinggi

Sebarkan artikel ini
Urgensi Sarana dalam Meningkatkan Produktivitas Perguruan Tinggi
Noris Soleh

Urgensi Sarana dalam Meningkatkan Produktivitas Perguruan Tinggi

Oleh: Noris Soleh
Institut Agama Islam Al-khairat Pamekasan Madura

_______________________________

ARTIKEL – Salah satu lingkungan pendidikan yang sangat penting untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkaliber tinggi adalah pendidikan tinggi. Penyediaan fasilitas yang sesuai sangat penting untuk meningkatkan output sivitas akademika guna mencapai tujuan tersebut. Fasilitas untuk pendidikan tinggi mencakup berbagai hal, mulai dari ruang fisik hingga teknologi tambahan yang dapat membantu penelitian dan pengajaran.

Sarana pendidikan adalah segala perlengkapan, bahan, dan perabot yang langsung dipergunakan dalam proses pendidikan di sekolah, ungkap Barnawi dan Arifin (2012). Pentingnya fasilitas sebagai elemen fundamental dalam sistem pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, ditekankan dalam konsep ini. Penyediaan fasilitas yang sesuai berpotensi mendorong terciptanya suasana pendidikan yang menyenangkan dan meningkatkan efisiensi prosedur pembelajaran.

Fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan komponen penting dalam fasilitas pendidikan tinggi. Penggunaan TIK menjadi semakin penting di era digital ini untuk meningkatkan pembelajaran dan penelitian. Sejalan dengan temuan Tondeur dkk. (2017), “Integrasi teknologi pada perguruan tinggi dapat meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan dunia kerja di era digital”.

Oleh karena itu, institusi pendidikan tinggi modern sangat mementingkan investasi pada infrastruktur TIK, seperti laboratorium komputer, jaringan internet cepat, dan alat pengajaran yang inovatif.

Selain TIK, memiliki perpustakaan yang lengkap dan terkini juga penting untuk meningkatkan hasil akademik. Perpustakaan berfungsi sebagai pusat sumber informasi yang membantu penelitian dan upaya pendidikan selain sebagai tempat menyimpan buku. Noh (2012) menyatakan bahwa “Perpustakaan akademik berperan penting dalam mendukung misi pendidikan tinggi melalui penyediaan akses terhadap sumber informasi dan layanan yang mendukung pembelajaran, pengajaran, dan penelitian” Oleh karena itu, penciptaan koleksi perpustakaan digital dan fisik harus menjadi prioritas utama dalam meningkatkan fasilitas pendidikan tinggi.

Sumber daya penting lainnya yang dapat meningkatkan hasil akademik adalah laboratorium atau fasilitas penelitian, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Peralatan modern dan ruang yang cukup untuk studi dan penelitian dapat mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan kreativitas. Hofstein dan Lunetta (2004) mengatakan hal serupa, “Laboratorium sains memiliki potensi unik dalam pembelajaran sains yang dapat meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan proses, dan sikap ilmiah siswa”.

Selain meningkatkan standar pendidikan, investasi dalam pembangunan laboratorium dan fasilitas penelitian mendorong kerja sama antara institusi akademik dan bisnis.
Fasilitas pendukung seperti ruang kelas yang nyaman, ruang percakapan, dan fasilitas olahraga juga sama pentingnya. Motivasi dan kinerja staf akademik dan siswa dapat dipengaruhi oleh lingkungan fisik yang mendukung. Earthman (2004) menemukan bahwa “kondisi gedung sekolah mempengaruhi prestasi akademik siswa.”

Gagasan yang sama juga berlaku untuk pendidikan tinggi meskipun penelitian ini dilakukan di ruang kelas. Oleh karena itu, menciptakan dan memelihara infrastruktur fisik yang kuat sangat penting untuk meningkatkan produktivitas pendidikan tinggi.

Universitas semakin bersaing satu sama lain di dunia global. Penyediaan fasilitas yang komprehensif dan kontemporer merupakan elemen penting dalam menarik mahasiswa dan dosen terkemuka. Marginson (2006) menyampaikan pernyataan serupa ketika dia mengatakan, “Kemampuan universitas untuk menyediakan lingkungan penelitian dan pembelajaran kelas dunia semakin penting bagi reputasi global mereka.” Oleh karena itu, elemen penting yang membantu perguruan tinggi menjadi lebih kompetitif secara global adalah investasi berkelanjutan dalam membangun infrastruktur.

Kesimpulannya, fasilitas pendidikan tinggi mempunyai dampak yang signifikan terhadap peningkatan produktivitas civitas akademika. Setiap komponen fasilitas, mulai dari infrastruktur fisik hingga pusat TIK, perpustakaan, dan laboratorium, membantu menciptakan lingkungan akademik yang mendorong pengajaran, pembelajaran, dan kreativitas.

Universitas yang berdedikasi untuk meningkatkan standar pengajaran dan penelitian harus memberikan pertimbangan yang cermat terhadap pertumbuhan dan peningkatan fasilitas mereka. Mereka mampu membekali generasi mendatang dengan lebih baik untuk menghadapi isu-isu global dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara ini.

× How can I help you?