Usai Dijamas, Pusaka Keraton Sumenep Dikirab

SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar kirab pengembalian Pusaka Keraton, Senin (17/9/2018).

Pusaka berupa dua keris milik Keraton Sumenep dikembalikan setelah selesai dijamas atau dicuci di Desa Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi. Aeng Tong-tong merupakan desa penghasil keris di Sumenep. Disana banyak empu keris yang sampai saat ini masih aktif memproduksi.

Kirab pengembalian Pusaka Keraton dimulai dari depan Masjid Agung Sumenep. Kirab tersebut diikuti puluhan empu dan juga masyarakat dari Aeng Tong-tong. Mereka menuju Keraton Pendopo Sumenep. Setelah tiba, keris diserahkan kepada Bupati, A. Busyro Karim dan satunya diserahkan kepada Wakil Bupati, Achmad Fauzi.

“Tujuan acara jamasan ini adalah untuk mengangkat kembali dan memperkuat program pemerintah khususnya dalam Program Visit 2018,” terang Busyro.

Menurutnya, kirab pusawa ini baru digelar selama dua tahun terakhir. Sehingga kedepan perlu untuk dilaksanakan lebih besar lagi. Karena diharapkan mampu menarik jumlah wisatawan khususnya manca negara dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

“Disamping itu, tentu ingin mengenang kembali sejarah Sumenep. Bahwa keris sejak jaman dahulu merupakan simbol kejayaan. Keris menjadi simbol kekuatan pada masa itu,” tukasnya. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here