Usai Geledah, KPK Kembali Periksa Saksi-saksi di Mapolres Pamekasan

Mobil KPK dihalaman Polres Pamekasan

PAMEKASAN, Limadetik.com – Usai menggeledah dan menyita sejumlah dokumen penting di Kantor Bupati, Kajari dan Ispektorat Pamekasan, Jum’at (4/8) kemarin, hari ini, tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemeriksaan di Mapolres Pamekasan terhadap sejumlah saksi-saksi.

Namun, belum diketahui siapa saja yang diperiksa oleh penyidik anti rasuah itu.

Pemeriksaan itu, tindak lanjut dari hasil OTT yang melibatkan Bupati Pamekasan, pada Rabu (2/8) lalu.

Kemarin, Tim KPK yang berjumlah 32 orang itu melakukan penggeledahan di sejumlah tempat, diantaranya, kantor Bupati, Pendapa Ronggosukowati, Ruang Sekda, Kantor Inspektorat, Ruang kantor Kajari, serta kantor balai Desa Dasok.

Hasilnya, terdapat sejumlah koper yang dinaikkan ke mobil KPK, koper tersebut diduga dokumen-dokumen penting yang ada hubungannya dengan ADD tahun 2015-2016.

Sementara, Pantauan dilapangan, 4 mobil tim penyidik KPK terparkir di halaman Mapolres Pamekasan mulai pagi tadi.

Sekitar jam 12.30, datang seorang perempuan bertanya ke humas Polres Pamekasan, ia bertanya KPK.

“Saya dari inspektorat pak, mau tanya KPK ada dimana,” tanya perempuan itu.

Perempuan itu, katanya dipanggil tim penyidik KPK untuk dimintai keterangan.

Diberitakan sebelumnya, tim KPK melakukan Operasi tangkap tangan (OT) terhadap sejumlah pejabat negara dan penegak hukum terkait kasus suap “pengamanan perkara” yang menggunakan Anggaran Dana Desa tahun anggaran 2015-2016.

Adapun OTT itu berhasil mengamankan 11 yang terdiri dari Kajari Pamekasan, Rudi Indra Prasetya, Inspektur Inspektorat Pemkab Pamekasan, Sucipto Utomo, Kabag Administrasi Inspektorat, Noer Solehoddin, Kades Dasok, Agus Mulyadi, Kades Mapper M. Ridwan, Bupati Pamekasan, Achmad Syafii, Kasi Intel Sugeng, Kasi Pidana Khusus Eka Hermawan, dua staff Kejari dan dua staff Inspektorat Pemkab Pamekasan.

Namun, hasil pemeriksaan lanjutan di Mapolda Surabaya, menetapkan 5 orang tersangka, yakni Kajari Pamekasan, Rudi Indra Prasetya, Inspektur Inspektorat Pemkab Pamekasan, Sucipto Utomo, Kabag Administrasi Inspektorat, Noer Solehoddin, Kades Dasok, Agus Mulyadi, Bupati Pamekasan, Achmad Syafii. Mereka saat ini telah di tahan oleh KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut. (arif/rud)

LEAVE A REPLY