Wabup Pamekasan Resmi Melepas 960 JCH

PAMEKASAN, Limadetik.com – Wakil Bupati Pamekasan, Madura Jawa Timur, Khalil Asy’ari secara resmi melepas Jama’ah Calon Haji (JCH) sebanyak 960 orang di Masjid Agung Asy-Suhada, Kamis (10/8). (Baca: 960 JCH Pamekasan di Pastikan Berangkat ke Mekkah Tanggal 16 &17 Agustus).

Sebelum pelepasan JCH, terlebih dahulu para calon melakukan dzikir dan doa bersama serta sholawat di masjid yang terletak di jantung kota itu.

Rombongan Forpimda tiba di masjid jami’ sekitar pukul 08.10, hadir ketua PN Pamekasan, Kapolres AKBP Nowo HN, Dandim 0826 Letkol Inf. Nuryanto, Kepala Kankemenag Pamekasan serta sejumlah ulama’ di kabupaten gerbang salam ini.

Dalam sambutannya, Khalil Asy’ari mengatakan, para jama’ah haji ini akan menunaikan ibadah untuk menunaikan panggilan Allah, sehingga banyak hal yang perlu dipersiapkan.

“Seperti yang dilaporan panitia, tahun ini, jumlah calon jama’ah Haji Pamekasan sebanyak 960 orang yang tergabung dalam tiga kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 58, 60 dan 61” ucapnya di hadapan para JCH.
 
Untuk itu, selamat jalan kata Wabup Khalil, menuju tanah suci mekah. “Kita mengajak kepada para hadirin yang hadir untuk mendokan bersama-sama kepada saudara kita tercinta yang akan berangkat ini agar mendapat perlindungan, dan bimbingan Allah serta mendapat Syafaat Rasulillahi Sallallahu alaihi wasallam,” ajaknya mendoakan.
 
Sehingga lanjut Khalil, para JCH dapat melaksanakan semua ibadah wajib sesuai rukun haji serta ibadah sunnah lainnya dengan sempurna.
Menurut orang nomor 2 di Pamekasan ini, ibadah haji sangat berbeda dengan ibadah lainnya, karena sangat membutuhkan fisik yang sehat dan kuat. ” Seluruh proses ibadah haji harus memanfaatkan fisik, oleh karena itu, seorang Jema’ah calon haji dituntun selalu sehat, senantiasa bersabar, mampu mengendalikan amarah dan ikhlas dalam menjalankannya,” terangnya.
 
“Kami berharap, kepada semua JCH, agar mampu menjaga kesehatan dengan baik, sebab, kunci sukses pelaksanaan ibadah haji sangat tergantung pada ketahanan fisik, kami berpesan agar bapak ibu dapat membawa kebutuhan kesehatan yang dapat menangkal, karena kondisi iklim disana berbeda dengan di tanah air, ” pesannya kepada Para JCH.

Hal lain yang perlu diperhatikan, terang Wabup Khalil, yakni menjaga nama baik Indonesia pada umumnya dan Pamekasan khususnya.

“Bapak Ibu sekalian, harus memperlihatkan Jama’ah haji di Indonesia yang dikenal ramah dan sopan, tunjukkanlah sikap baik dan bersahaja ketika bergaul dengan jama’ah lainnya dari berbagai negara, patuhilah aturan yang ada, baik aturan dari Indonesia maupun aturan dari saudi Arabia” katanya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Jama’ah Calon Haji Kabupaten kabupaten Pamekasan, hari ini 10 Agustus 2017 secara resmi saya lepas dan dapat diberangkatkan sesuai jadwal yang ada,” ucapnya menutup sambutan itu. (arif/rud)

LEAVE A REPLY