Anggaran Apartemen Ikan di Sumenep Rp 4 M

SUMENEP, limadetik.com – Untuk menjaga populasi ikan di daerah destinasi wisata, Dinas Perikanan Sumenep, Jawa Timur menenggelamkan sebanyak 450 unit apartemen ikan. Hal itu dilakukan di Pantai Sembilan, Kecamatan Giligenting.

Pantai Sembilan merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kota Keris. Selama ini Pantai Sembilan tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal, tetapi ribuan wisatawan manca negera (Wisman) juga banyak yang menikmati wisata yang berada di selatan Kota Sumenep.

“Pelepasan itu dilakukan sebagai tempat upaya pelestarian ikan. Karena apartemen itu menjadi tempat berkembang biaknya ikan,” kata Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Arif Rusdy, Rabu (24/10/2018).

Tidak hanya itu, pihaknya mengaku juga melepas sebanyak 12 ribu ikan dari berbagai jenis. Anggaran pengadaan apartemen ikan sekitar Rp 4 M yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Timur.

“Peletakan apartemen ikan diletakan di daerah terumbu karang. Sehingga dengan mudah ikan berkembang biak,” ucapnya.

Disamping itu, tahun ini diatasnya juga akan dibangun rumah apung, sehingga wisatawan nanti bisa melihat ikan dan bersantai saat berwisata disana.

“Karena rencananya disana nanti akan dilengkapi ‘snorkeling” tukasnya.

Berdasarkan data di Dinas Perikanan populasi ikan di Kabupaten Sumenep setiap tahun mencapai 47 ribu ton. Rata-rata hasil laut itu dijual ke berbagai pedagang atau pengepul baik di Madura ataupu ke luar Madura. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here