Disdik Sumenep Gelar Lomba Mewarnai

SUMENEP, limadetik.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar lomba mewarnai untuk siswa dan siswi Taman Kanak-kanak, Jum’at (16/11/2018). Lomba itu diikuti 850 siswa.

Lomba yang digelar di salah satu gedung di Jalan dr. Cipto sebagai rangkaian Hari Guru Nasional, pada HUT PGRI ke-73 dan Hari Aksara Internasional ke-53 Provinsi Jawa Timur.

Bunda PAUD Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya lomba mewarnai tingkat TK se-Kabupaten Sumenep.

“Kami mengapresiasi dan sangat bangga atas terselenggaranya kegiatan ini. Kedepan kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan, sebagai sarana mengembangkan kreativitas dan bakat anak-anak di Sumenep,” katanya.

Istri bupati itu mengatakan, anak di usia dua sampai empat tahun, merupakan masa keemasan, sekaligus menjadi masa kritis dalam kehidupan anak, karena di usia tersebut, akan menentukan perkembangan anak untuk masa selanjutnya.

“Anak di usia 2 sampai 4 tahun merupakan masa tepat untuk kita memberikan dasar dasar pengembangan kemampuan terhadap anak, otak anak ini seperti spon kering, apapun yang ada disekitarnya bisa diserap secara maksimal, baik yang positif, maupun yang negatif, disinilai peran orang tua harus hadir,” ujarnya.

Apalagi berdasarkan hasi penelitian, perkembangan anak usia 2-4 tahun, anak sudah mencapai separuh dari kemampuan intelektualnya, dan pada usia 8 tahun akan mencapai 80 persen kemampuannya, hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya untuk membentuk kualitas anak kita sejak dini.

Banyak orang di dunia berfikir,kecerdasan itu tidak bisa dikembangkan, akan tetapi kreatifitaslah yang bisa dikembangkan. “Banyak orang berfikir bahwa, kreatifitas hanya diberikan kepada orang dengan talenta khusus, padahal itu persepsi yang salah, semua orang mempunyai kreatifitas dan talenta dengan caranya masing-masing, tergantung bagaimana kita mengasah dan mengembangkannya, mari anak anak kita terus beri semangat untuk mengembangkan diri sejak dini,” tukasnya.(hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here