Scroll Untuk Membaca Artikel
Daerah

Penyuluhan Manajemen Keuangan Pada Ibu Rumah Tangga, Upaya Kesadaran dalam Pengelolaan Keuangan

×

Penyuluhan Manajemen Keuangan Pada Ibu Rumah Tangga, Upaya Kesadaran dalam Pengelolaan Keuangan

Sebarkan artikel ini
Penyuluhan Manajemen Keuangan Pada Ibu Rumah Tangga, Upaya Kesadaran dalam Pengelolaan Keuangan
Para mahasiswa PMM UMM saat memberikan penyuluhan tentang pengelolaan keuangan ibu rumah tangga

Penyuluhan Manajemen Keuangan Pada Ibu Rumah Tangga, Upaya Kesadaran dalam Pengelolaan Keuangan

LIMADETIK.COM, MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Mlanag (UMM) di Panti Asuhan Nurul Abyadh Jln. Bendungan Sigura Gura I No. 8, Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

GESER KE ATAS
SPACE IKLAN

Kegiatan pendampingan ini merupakan kegiatan dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (DPPM). Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yakni Muhammad Wildan Affan, S.E, M.SA. yang beranggotakan 5 orang, masing-masing, Anisa Fadillah (Koordinator), Febrilian Dwi Antika (Humas), Yudistira Amroe (Bendahara), Aprilia Faizah Nur Aini (Sekretaris), Prasasti May Wulandari (PDD).

Koordinator kelompok, Anisa Fadillah mengatakan, kegiatan ini dapat menjadikan pembelajaran dan pengalaman yang berharga dan mengasyikkan. Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMM) Merupakan salah satu kegiatan yang biasanya digunakan oleh para mahasiswa untuk melakukan pengabdian di masyakarat, PMM ini juga merupakan  kegiatan yang guna nya untuk mengganti kegiatan KKN di semester akhir.

Hal ini di maksudkan agar para mahasiswa bisa menggunakan kesempatan untuk melakukan kegiatan KKN di semester awal dan disaat semester akhir para mahasiswa bisa focus terhadap tugas akhir atau Skripsi. PMM juga merupakan salah satu jalan pintas untuk mahasiswa menyalurkan ilmu yang didapatkan disaat menempuh perkuliahan di Universitas yang mana tidak semua orang bisa merasakan masuk kuliah.

“Pada kesempatan yang diberikan oleh kami selaku Mahasiswa dari kelompok 60 gelombang 4 memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan kegiatan PMM di Jln. Bendungan Sigura Gura RT.01/RW.07 Sumbersari Lowokwaru” katanya, Rabu (28/2/2024).

Penyuluhan Manajemen Keuangan Pada Ibu Rumah Tangga, Upaya Kesadaran dalam Pengelolaan Keuangan
Mahasiswa dan ibu rumah tangga di Desa Sumbersari Lowokwaru Malang

Pihaknya kata Anisa, memilih tempat ini bukan sekedar asal pilih tetapi mereka melakukan survey terhadap lingkungan disekitarnya, dari hasil penelitian kami ada beberapa hal yang akan dilakukan terhadap kegiatan PMM di Jln. Bendungan Sigura Gura RT. 01/ RW. 07 Sumbersari Lowokwaru yaitu dengan melakukan Penyuluhan Manajemen Keuangan, hal ini juga di dukung oleh warga masyarakat untuk memberikan motivasi kepada para ibu ibu rumah tangga untuk bisa mengatur tentang keuangan.

“Masyarakat sangat berantusias terhadap program kerja yang kami berikan dikarenakan program kerja kami ini dapat membantu Masyarakat terutama ibu-ibu untuk bisa mengatasi masalah keuangan.
Kami harapkan setelah ibu-ibu mengikuti penyuluhan ini bisa menghitung pemasukan dan pengeluaran dari apa yang dibutuhkan” ujarnya.

Dari kegiatan ini, pada akhirnya timbul kesadaran dari para ibu-ibu rumah tangga dalam hal pengelolaan keuangan. Dari hasil diskusi dapat diketahui bahwa ibu-ibu yang mengikuti penyuluhan sangat bersemangat dan mendukung kegiatan penyuluhan dan bimbingan dengan pokok bahasan sebagaimana yang telah disampaikan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Untuk itu, penyuluhan dan bimbingan seperti ini perlu ditingkatkan dan dikembangkan ke arah yang lebih kreatif dan inovatif, sehingga masyarakat dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya, dimana hal ini akan berdampak pada terjadinya perkembangan usaha ibu ibu rumah tangga dan terjadi peningkatan pendapatan” pungkasnya.

× How can I help you?