Pilgub 2018, di Sumenep Tidak Ada Perubahan Jumlah TPS

Ilustrasi

SUMENEP, Limadetik.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur, Rahbini memastikan bahwa pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 tidak ada perubahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 Baca: Pilgub 2018, Rutan, Pesantren dan RS di Sumenep Tidak Dapat TPS Khusus

“Jumlah TPS tetap sama dengan Pemilu 2015 yang lalu, yakni 2.400,” katanya, Kamis (18/1/2018).

Hal itu berbeda dengan wilayah lain yang jumlah TPS-nya dipangkas hingga mencapai ratusan lebih. Sumenep tetap disamakan dengan pemilu sebelumnya karena wilayahnya luas, apalagi untuk wilayah kepulauan.

“Kami tetap mempertahankan jumlah TPS tidak ada perubahan. Dari masing-masing TPS, terdapat 400 hingga 500 pemilih,” terangnya.

Sedangkan tahapan Pemilu, sambung Rahbini, kini proses pencocokan dan penelitian (Coklit) calon pemilih yang akan dimulai sehak 20 Januari 2018.

“Patugas Coklit sudah disiapkan. Jumlahnya sama dengan jumlah TPS. Per TPS satu orang petugas Coklit,” tukasnya.

Sebelumnya, KPU setempat memastikan pada Pemilu tahun ini di Sumenep tidak ada TPS khusus yang biasanya ditempatkan di rumah sakit, pondok pesantren dan rumah tahanan (Rutan).

“Tapi meskipun tidak ada TPS khusus, warga binaan rutan dan juga santri tetap bisa memilih. Seperti halnya di Rutan, akan diberikan kesempatan mulai jam 12.00 Wib hingga pukul 13.00 Wib,” ucapnya, Rabu (17/1/2018). (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here