Kepala DPMD Sumenep, Ahmad Masuni

SUMENEP, limadetik.com – Sebanyak 226 desa di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak  2019. Hanya saja, desa yang hanya memiliki calon tunggal terancam tidak mengikuti Pilkades.

226 desa yang akan malaksanakan Pilkades serentak tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang habis masa jabatannya. Diantaranya Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Desa Andulang, Kecamatan Gapura, dan Desa Lalangon, Kecamatan Manding.

“Untuk desa yang hanya memiliki calon kades yang tunggal, maka tidak bisa mengikuti Pilkades serentak tahun 2019,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, A. Masuni, Selasa (18/9/2018).

Meskipun pelaksanaan masih setahun lagi, saat ini pemerintah tengah menyiapkan peraturan Pilkades serentak 2019, termasuk peraturan bupati (Perbup) yang mengatur sistem Pilkades. Apabila sudah disahkan, maka akan dilakukan sosialisasi.

“Pilkades serentak diprediksi akan digelar sekitar September atau November 2019,” ucapnya.

Sedangkan untuk desa yang kadesnya berhalangan tetap atau sudah purna jabatannya, maka untuk menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa akan diisi (Pj) atau pelaksana tugas (Plt).

“Ya bagi Kades yang sudah purna, untuk sementara dijalankan (roda pemerintahan) oleh Pelaksana tugas (Plt),” imbuhnya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here