Bawaslu Sumsel Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Pemilih Pemula di Kabupaten OKU

OKU, Limadetik.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatra Selatan bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) gelar acara Sosialisasi Pengawasan Partisipasi terhadap Pemilih Pemula di lingkungan Pelajar dalam pelaksanaan Pemilihan Cagub – Cawagub Sumatra Selatan tahun 2018, yang berlangsung di Hotel Sheren Jln. lintas Sumatera Baturaja Selasa, (15/5/2018).

Dalam acara sosialisasi ini dihadiri Ketua Panwaslu OKU, Anggi Marta, Komisioner KPU OKU, Yudi Risandi S.Sos, Sekretariat OKU Junaidi beserta segenap Anggata Panwaslu dan seluruh Siswa-Siswi SMA se Kabupaten OKU dengan Jumlah Peserta kurang lebih 100 Orang Siswa (Organisasi Sekolah).

Menurut Ketua Panwaslu OKU Anggi Marta, pentingnya acara sosialisasi ini dilakukan sebab lebih dari 40 % pemilih pemula pada Pilgub Sumatra Selatan 27 juni yang akan datang dari peralihan yang sebelumnya belum punya hak pilih karena belum cukup umur dan kini sudah punya hak untuk memilih.

“Sekitar kurang lebih 40% Warga di Kabupaten OKU memasuki masa Peralihan, dari belum bisa nyoblos ke masa dewasa 17 tahun masuk pada pemilih pemula mempunyai hak pilih” papar Anggi.

Ia menambahkan, maka dari itu kami merasa berkewajiban untk memberikan arahan supaya pemilih pemula bisa sedikit ada gambaran bagaimana peroses pemilu dan keterlibatan kita sebagai warga negara.

“Anak anak sekolah adalah masa depan bangsa untuk itu mari kita gunakan hak pilih kita sebagaimana mestinya untuk keberlangsungan bangsa dan negara kita” ucapanya.

Dalam sambutannya, tak lupa Ketua Panwaslu OKU ini menyampaikan banyak terimakasih kepada para tamu undangan atas kehadirannya dalam acara tersebut.

Selain itu, Anggi Marta juga menegaskan bahwa, Semua pergerakkan bangsa di awali oleh generasi muda sebagai acuan masa depan bangsa. Dan selanjutnya bisa menggunakan hak pilihannya dengan tepat serta tidak mau menerima uang dalam politik lima tahun kedepan.

“Sampaikan dulu amanat bangsa ini kepada diri kita pribadi dan Keluarga untuk liima tahun kedepan. Sebab, apabila kita salah memilih yang tidak tepat hanya karena janji-janji atau money politik, maka kita akan menyesali paling tidak selama lima tahun kedepan, itu sebabnya gunakanlah hak pilih kita dengan baik,” ungkapnya.

Acara yang berlangsung sejak pagi jam 9.30 Wib – Jam. 14.30 Wib berjalan dengan tertib dan aman. (fikry/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here