SUMENEP, Limadetik.com – Bupati Sumenep, Jawa Timur, A Busyro Karim membuka pekan tilawatil quran (PTQ) ke-49 tingkat nasional.

PTQ berlangsung dari tanggal 26 hingga 31 Mei 2018, dan akan diikuti oleh Kafilah atau perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia.

“Pemerintah daerah akan mendukung penuh penyelenggaraan PTQ ini, sebab momentum ini merupakan kesempatan langka sekaligus ajang untuk mempromosikan dan memperkenalkan destinasi wisata yang dimilikinya  Sumenep di tingkat nasional,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Ketua DPRD mempromosikan potensi wisata mulai dari wisata religi, sejarah, dan alam. Salah satu potensi wisata yang dipromosikan ialah objek wisata kesehatan Pulau Gili Iyang yang memiliki kadar oksigen terbaik di duniam

“Di sana, kita akan menjumpai banyak orang yang usianya diatas 100 tahun tetap sehat dan bisa bekerja layaknya anak muda,” katanya dengan nada bangga.

Sementara, untuk wisata religi, Sumenep memiliki Masjid Agung yang memiliki arsitektur akulturasi antara Jawa, China, dan Arab. “Masjid Agung ini juga salah satu masjid tertua di Indonesia. Usianya sudah hampir 300 tahun,” terang Busyro.

Selain itu, Bupati juga mengungkapkan, bahwa di Sumenep memiliki kampung toleransi, dimana di dalam kapung itu ada Masjid, Gereja, dan Klenteng yang letaknya berdekatan. Namun, selama ratusan tahun, disana tak pernah terjadi gesekan antar umat beragama. (hoki/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here