Kesehatan

Cara Baru Puskesmas Rubaru Sumenep Melayani Pasien

×

Cara Baru Puskesmas Rubaru Sumenep Melayani Pasien

Sebarkan artikel ini
Cara Baru Puskesmas Rubaru Sumenep Melayani Pasien
FOTO: Ruang UGD dan Sarana Pelayanan Puskesmas Rubaru

Cara Baru Puskesmas Rubaru Sumenep Melayani Pasien

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Pusat kesehatan masyarakat (PUSKESMAS) Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep kini mengalami pembaharuan pelayanan dan sarana prasarana.

Kepala Puskesmas Rubaru Desy Febryana,S.ST., M.M.Kes. menyampaikan, bahwa pembaharuan yang dilakukan saat dirinya menjabat sebagai kepala puskesmas, namun dilakukan secara bertahap.

Kata Desy, sebelum ia pindah ke Puskesmas Rubaru, mobil ambulans belum memiliki tempat parkir. Dan hal ini cenderung mengganggu pelayanan dan tidak elok dipandang.

“Saya mencoba berpikir, bagaimana memanfaatkan area yang ada, pada akhirnya saya buatkan di depan ruang UGD,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pengendalian keluarga pasien juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Karena Puskesmas adalah tempatnya penyakit dan tidak menutup kemungkinan akan menular kepada keluarga pasien yang membawa anak dibawah umur.

“Pengendalian keluarga pasien ini bukan untuk apa-apa dan bukan untuk mempersulit keluarga pasien, tetapi untuk menghindari atau memutus mata rantai penularan penyakit,” tuturnya.

Secara teknis, pengendalian keluarga pasien ini dilakukan dengan cara membuat pintu masuk didepan ruagan dan ditutup dengan kaca untuk membatasi keluarga pasien yang akan masuk sekaligus menghimbau agar anak dibawah tidak masuk ruangan.

Desy mengakui, bahwa pelayanan tak sesempurna keinginan, sehingga pemberian pintu dan ditutup dengan kaca tersebut menimbulkan masalah baru, karena kekurangan udara dan menimbulkan gerah.

“Masalah satu selesai timbul masalah lain, dan insyaallah solusinya nanti akan diberikan pendingin, ini masih menguji seberapa besar daya listriknya karena kalau kita beli AC duduk pasti daya listrik nya besar,” tukasnya.

× How can I help you?