https://limadetik.com/

DPKP Sampang Serahkan Bantuan 44 Kendaraan Roda 3 Kepada Petani

Penulis: MadasEditor: Wahyu
  • Bagikan
DPKP Sampang Serahkan Bantuan 44 Kendaraan Roda 3 Kepada Petani
FOTO: Kendaraan roda 3 yang diserahkan oleh DPKP Sampang kepada Poktan Mulyo Tani, Desa Jalgung, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang di halaman belakang Kantor DPKP Sampang

SAMPANG, Limadetik.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sampang, Jawa timur, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa kendaran roda 3 kepada 44 Kelompok Tani (Poktan) di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang.

Bantuan tersebut berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Tahun 2021.

https://limadetik.com/

Penyerahan dilangsungkan di halaman belakang Kantor DPKP Sampang pada Senin (15/11/2021) pagi.

Kepala DPKP Kabupaten Sampang Suyono melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Holtikultura Nurdin mengatakan, dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang hanya 2 Kecamatan yang tidak mendapatkan bantuan alsintan tersebut, yaitu Kecamatan Tambelangan dan Bamyuates.

Menurutnya, saat ini sektor pertanian menjadi harapan dan tulang punggung ditengah upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi covid-19.

“Tanggung jawab penyediaan pangan merupakan spirit bagi keluarga besar pertanian dan semua pelaku pembangunan pertanian” ucapnya.

Tidak ada alasan untuk tidak melakukan tanam karena pertanian itu bersifat sustainable, jika tidak ada yang beli maka bisa disimpan. Terpenting menggunakan cara penyimpanan yang benar.

Apalagi ditunjang dengan adanya alsintan berupa kendaraan roda 3 yang bermanfaat sebagai alat angkut yang membantu dari sisi mobilisasi baik itu benih, pupuk dan hasil pertanian.

“Dengan bantuan kendaraan ini mereka sudah gak butuh sewa kendaraan lagi. Usaha tani yang dilakukan lebih efektif dan efisien” tuturnya.

Pihaknya berharap, para kelompok tani yang menerima bantuan dapat merawat dan menggunakan alsintan tersebut dengan baik dan benar.

“Bantuan alsintan yang diserahkan tadi merupakan bantuan hibah pemerintah ke poktan, Kami harap alsintan tersebut untuk dipelihara, dirawat dan dimanfaatkan dengan baik” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Poktan Mulya Tani, Torimin asal Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan alsintan tersebut.

“Bantuan kendaraan roda 3 ini amat berguna utamanya bagi anggota kelompoknya dalam mengangkut alat, benih dan hasil pertanian. Kami akan menjaga dan merawat kendaraan ini” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan