https://limadetik.com/

Kamar Santri di Sumenep Jebol Akibat Diterjang Banjir

  • Bagikan
Kamar Santri di Sumenep Jebol Akibat Diterjang Banjir

SUMENEP, LimaDetik.Com – Pondok Pesantren Darul Ulum, di Desa Talaga, Kecamatan Ganding, Sumenep, Jawa Timur diterjang banjir, Kamis (4/3/2021). Banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah setempat.

Banjir itu mengakibatkan sejumlah barang milik santri yang ada di dalam kamar hanyut. Karena tembok di dua kamar pondok puteri roboh.

https://limadetik.com/

“Ia banjir, air datang dari gunung,” kata Pengasuh Ponpes Darul Ulum, KH. Imam Haromain.

Menurutnya, sebelum peristiwa terjadi di Desa Talaga terjadi hujan yang disertai angin kencang. Tidak lama kemudian santri yang berada di dalam kamar pondok berhamburan saat mendengar suara gemuruh. Saat itu air langsung masuk ke dua kamar pondok yang ada di lantai satu. Mengingat di pondok tersebut terdapat bangunan lantai dua.

“Saat mendengar gemuruh santri langsung lari, semuanya selamat. Hanya barang milik santri banyak yang hilang. Temboknya jebol,” terangnya.

Saat ini sejumlah santri yang rumahnya tidak terlalu jauh dari Ponpes sudah dievakuasi oleh orang tua masing-masing. “Kalau yang rumahnya jauh tetap di sini,” ujarnya.

Bencana alam ini kata dia merupakan yang pertama kali terjadi sejak Ponpes Darul Ulum. Meski beberapa waktu lalu sering hujan yang disertai angin. “Ini yang pertama, memang tadi hujan lebat disertai angin,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep R. Rahman Readi membenarkan peristiwa tersebut.

“Iya itu di Talaga, BPBD meluncur ke sana (lokasi),” katanya singkat.

(hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan